Laptop Tidak Mendeteksi Flashdisk

Diposting pada

Mengapa port USB pada laptop tidak semuanya bisa mendeteksi flashdisk ? Yang USB kanan bisa namun yang sebelah kiri tidak bisa atau sebaliknya, padahal kalau di tancepin mouse bisa terdeteksi, yuk kita bahas masalah ini bersama.
Pada laptop jenis baru termasuk yang keluaran terbaru, teknologi USB sudah bermacam-macam yang semakin baru teknologinya tentu saja semakin cepat proses transfer.nya, maksudnya proses pembacaan laptop ke device yang di tancapkan ke USB tersebut semakin cepat.
Dulu kita mengenal USB 2.0, rate-nya diatas USB biasa ( yang tidak ada 2.0-nya ), sekarang sudah muncul USB 3.0 atau bahkan USB 4.0. Apa perbedaannya ? tentu saja perbedaan ada pada kecepatannya, yang USB 4.0 speednya lebih kenceng dari pada USB 2.0. Kalau kita menancapkan sebuh flashdisk pada USB tersebut dan kita kopi file dari laptop ke flashdisk atau sebaliknya akan sangat terasa saat kita tancapkan ke USB port biasa atau USB 4.0.
Apa hubungannya dengan flashdisk yang tidak bisa terdeteksi ? Nah, USB port yang biasa biasanya langsung bisa mendeteksi flashdisk tanpa harus kita melakukan instalasi driver karena driver include ke operating system ( Windows ), namun pada OS tertentu USB 3.0 atau 4.0 belum bisa bekerja sebelum kita melakukan instalasi driver software secara manual sesuai dengan spesifikasinya.
Misalnya USB 3.0 pada laptop acer Aspire, maka kita bisa mendapatkan driver software pada website resminya, download dan install pada laptop, kemudian restart laptop kamu dan setelah itu baru kamu bisa menggunakan port USB 3.0 tersebut, demikina juga pada USB 4.0 atau 2.0
Jadi kesimpulannya adalah laptop yang sebagian USB port tidak bisa mendeteksi flashdisk kemungkinan disebabkan karena driver USB tersesbut belum terinstall dengan benar dan kita membutuhkan driver software yang sesuai untuk diinstall agar USB bisa bekerja dan bisa mendeteksi flashdisk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *