Penyebab lain L210 Mati Total

Diposting pada

Ternyata keruskaan mati total pada sebuah printer tidaklah selalu berat penyebabnya dan tidak juga harus ganti komponen pada logic boardnya.
Sebagaimana yang satu ini, terjadi pada sebuah printer L210 yang mati total, tidak bisa dinyalakan sama sekali atau sama sekali tidak ada respon saat tombol power ditekan. Padahal tegangan normal masuk ke logic board dari adaptor. Penggantian adaptopr tidak ada pengaruhnya karena memang tegangan pada adaptopr tidak ada masalah. Deoda power pada logic board juga normal, tidak short dan tidak juga putus. Mosfet kembar juga tidak ada masalah, diukur normal. Juga tidak ada fuse yang putus dan semua komponen serasa normal habis.
Dan ternyata sumber penyakit ada pada tombol power sendiri, aus atau ada kerak didalamnya. Saat dicek menggunakan avo meter tidak ada respon sama sekali saat tombol power ditekan, ini membuktikan bahwa tombol power sedang bermasalah, solusinya adalah dengna menyemprotkan CC-Cleaner pada bagian tombol dan ditekan-tekan berulang-ulang sampai tombol berfungsi dengan baik kemudian dibersihkan sedemikian rupa.

Penyebab lain L210 Mati Total

Karena tombol power yang jarang bermasalah itu ternyata juga bisa menimbulkan masalah maka kita sarankan agar ini menjadi prioritas utama saat cek printer L210 yang mati total sebelum melakukan analisa terhadap komponen yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *