R230 Tidak Bisa Dinyalakan

Diposting pada

Ini adalah salah satu penyebab printer R230 tidak bisa dinyalakan padahal sebelumnya normal dan tidak terjadi apa-apa. Atau masalah ini timbul setelah printer lama tidak digunakan sedangkan printer dilengkapi dengan tabung infus yang masih penuh tintanya. Adalah unit power supply terkena luberan tinta.
Untuk service printer R230 dengan kasus seperti ini kita harus overhoule printer karena unit power supply berada di bawah dan untuk melepasnya harus diangkat.
Proses pengangkatan power supply dimulai dengan melepas semua baut yang setelah kesing atas printer dilepas akan terlihat ada 1 baut di sebelah kiri printer dan 1 dibagian kanan printer dan 1 lagi di sebelah dalam unit cleaner. ( Baut terlihat dari atas )
Kemudian unit tray kertas juga harus dilepas terlebih dahulu karena adau baut juga yang sekaligus mengikat unit power supply ( ada 2 baut ). Baut-batu ini nantinya akan memisahkan antara kesing printer bagian bawah dan mekanik printer.
Setelah baut dilepas semua maka mekanik printer bisa diangkat semuanya ( ada pengunci dibagian kanan dan kiri printer ), dan kita bisa dengna leluasa melepas unit power supply.
Pada printer R230 yang mati total biasanya kamu bisa melihat luberan tinta yang sudha mengenai power supply, jika beruntung dengan membersihkannya dan mengeringkannya printer bisa kembali bekerja dengan baik, namun jika sudah lapa tinta menggenang di bagian ini bisa saja merusak unir power supply.
Ada sebuah sekring atau Fuse di dalam power supply, cek dan pastikan normal, jika putus lakukan sedemikian rupa sehingga bisa kembali tersambung atau segera menggantinya dengan yang normal.
Setelah tinta dibersihkan dan power supply sudah kering maka kita bisa pasang kembali semua komponen dan melakukan testing terhadap printer.
Mohon maaf tidak ada gambar karena kamera lagi rusak, huffff….
Ini adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk service printer R230 tidak bisa dinyalakan smeoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *