Service Laptop Asus X201E Tampilan Gelap

Diposting pada

Bagaimana cara service laptop Asus X201E yang tampilannya gelap dan tidak bisa booting ? Kita akan bahas masalah ini dengan modal pengalaman yang pernah kita praktekkan. Sebelum kita mulai langkah service kita jelaskan terlebih dahulu detail kerusakan pada laptop yang kita bahas ini.
1. Saat dinyalakan lampu indikator menyala namun tampilan di layar tidak ada.
2. Saat baterai dilepas, saat charger di colokkan maka laptop langsung bekerja termasuk kipas pendingin prosesor, namun black screen dan tidak ada tanda-tanda proses booting.
3. Laptop tidak bisa dimatikan
4. Kondisi RAM normal, tidak ada yang overheat termasuk chipset.
5. Seperti ada indikasi arus liar karena saat laptop dimatikan dengan menekan tombol power lama laptoppun mati namun setelah tombol dilepas laptop menyala lagi ( maksudnya menyala indikatornya saja )

Service Laptop Asus X201E Tampilan Gelap

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk service laptop dengan permasalahan seperti diatas adalah sebagai berikut.
1. Lepas charger dan buka kesing dengan hati-hati.
2. Lepas baterai dan baterai cmos
3. Angkat motherboard
4. Lepas pendingin prosesor. Kita akan melihat bahwa prosesor pada laptop ini adalah onboard, artinya disolder langsung ke motherboard.
5. Oleskan cairan kental Flux pada prosesor dan lakukan pemanasan dengan heater blower dengan suhu kira-kira 400 oC sampai flux merata di bagian kaki-kaki prosesor dan terlihat “blekutuk-blekutuk” ( yang ga tahu basa jawa silahkan cari kamus )
6. Kemudian oleskan juga Flux pada Chipset secukupnya ( banyak juga ga papa ), dan lakukan pemanasan menggunakan heater blower sampai flux merata di semua kaki dan terlihat “blekutuk-blekutuk”
7. Tunggu agar suhu menurun.
8. Setelah suhu menurun masukkan charger ke motherboard, jika hanya lampu indikator power yang menyala maka berhasil. Untuk memastikan keberhasilan matikan terlebih dahulu menggunakan tombol power jika langsung mati dan tidak menyala sendiri setelah tombol dilepas maka kemungkinan telah berhasil.
9. Pasang kembali baterai CMOS dan LCD untuk pengetesan lebih lanjut.
10. Setelah yakin semua telah dilakukan dan berhasil maka pasang semua komponen yang telah di preteli.

Dengan melakukan langkah-langkah taktis tersebut diatas biasanya Service laptop Asus X201E tempilan gelap atau black screen dan gagal booting telah berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *