Service LCD Monitor LG Mati Total

Diposting pada

Cara service lcd monitor LG yang mati total yang menggunakan adaptor eksternal adalah sebagai berikut :
1. Cek kondisi Adaptor. Biasanya kerusakan terjadi pada adaptor
2. Dengan menggunakan multitester cek tegangan pada ujung kabel output adaptor, jika tidak ada tegangan sama sekali maka lepas kabel listrik
3. Kemudian cek resistansi pada ujung kabel output adaptor menggunakan ohm meter, jika masih terdapat resistansi namun tidak 0 Ohm dan jika probe dibalik menunjukkan angka yang berbeda maka kabel dalam kondisi normal, ini berarti kerusakan ada pada bagian dalam adaptor.
4. Namun jika di cek menggunakan ohm meter tidak menunjukkan adanya resistansi, maka kemungkinan terbesar adalah kabel output dari adaptor putus, kondisikan.
5. Jika sudah yakin kerusakan ada pada bagian dalam adaptor maka kita harus membungkar kesing adaptor.

Untuk membungkar adaptor, karena tidak dilengkapi dengan baut atau scrup namun dikunci mati maka kita harus membuka dengan paksa. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Siapkan Obeng Min agak besar dan palu atau batu untuk memukul
2. Posisikan adaptor miring dan letakkan dilantai yang keras
3. Pada skat skat sepanjang kesing adaptor letakkan obeng ujung obeng min yang telah disiapkan dan pukul menggunakan palu, 1 kali saja namun keras. Lakukan action ini sepanjang skat kesing sampai kesing bisa dibuka.

Setelah kesing adaptor terbuka maka kita bisa mengakses bagian motherboard adaptor. Kerusakan bisa saja bermacam-macam misalnya :
1. Terdapat sebuah deoda dibagian dekat dengan kabel output. Biasanya deoda ini rusak, cek menggunakan AVOmeter.
2. Atau terdapat mosfet di bagian area input. Mosfet ini juga bisa jebol jika terlalu lama menyala dan overheat. Jebolnya mosfet ini biasanya short, maka kita bisa dengan mudah mendeteksi dengan AVOmeter
3. Atau hanya sekringnya saja yang putus
4. Atau deoda utama yg bekerja menyearahkan tegangan AC.

Secara umum kerusakan bisa saja hanya karena jebolnya deoda pada bagian output, maka dengan mengganti deoda tersebut LCD monitor LG yang mati total bisa kembali bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *