Bahaya Kerusakan Mosfet Pada Laptop

Diposting pada
Bahaya Kerusakan Mosfet Pada Laptop

Salah satu kemungkinan pada laptop mati total adalah disebabkan karena mosfet yang jebol atau rusak dimana antara kaki Source dan Drain terhubung singkat, pada fisiknya jika kita cek menggunakan AVO meter maka 4 kaki yang digabung menjadi 1 terhubung singkat dengan 3 kaki yang digabung. Kerusakan mosfet seperti ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan laptop mati total yang disebabkan karena kerusakan kapasitor.
Jika penyebabnya karena kerusakan kapasitor maka mosfet masih bisa bekerja mem-proteksi rell sehingga arus tidak menjalar kemana-mana, berbeda jika mosfet short, maka arus akan sangat liar karena bisa menjalar ke rell Vin yang tentu saja terhubung ke banyak komponen sensitif lain.
Bagaimana langkah untuk menghindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan yang bertambah parah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Saat melakukan test pada laptop mati total ( sebelum di eksekusi ) jangaan terlalu lama memasukkan sumber listrik baik baterai atau charger. alangkah baiknya jika kita hanya menggunakan charger saja.
2. Setelah terdeteksi, atau ada perkiraan mosfet jebol, jangan paksa memasukkan charger, cek tanpa sumber arus menggunakan AVO meter.
3. Segera pisahkan rell yang terdeteksi jebol mosfetnya karena biasanya ada komponen pendamping yang ikutan jebol juga.
4. Saat running test segera cek temperature komponen sensitif seperti chipset, mosfet atau ic power dengan cara menyentuhnya menggunakan jari-jari. Begitu terdeteksi ada yg panasnya berlebih segera cabut charger, segera! karena panas berlebih juga bisa disebabkan karena mosfet bermasalah.

Ini adalah beberapa langkah antisipasi yang bisa kita lakukan saat repair laptop yang kerusakannya disebabkan karena mosfet jebol, hati-hati ya karena kita pernah kurang hati-hati dan mengakibatkan kerusakan tambah parah semoga tidak ada yang ikut-ikutan semoga bermanfaat.

One thought on “Bahaya Kerusakan Mosfet Pada Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *