Pengetesan Mosfet Dilepas Atau Tidak

Diposting pada

Pengetesan mosfet pada motherboard laptop dilepas atau bisa dites tanpa harus melepasnya? Pertanyaan ini sering muncul dari para teknisi newbie seperti kita dulu juga sedikit kebingungan. Ini adalah tips untuk teknisi yang baru-baru saja masuk ke dunia hardware laptop.
Mosfet pada dasarnya memiliki 3 kaki utama yaitu Source, Drain dan Gate yang ketiga-tiganya tidak terhubung secara langsung satu sama lain. Maka pengetesan awal pada mosfet yang dicurigai tidak normal bisa langsung saja tanpa harus melepaskannya dari motherboard. Baru jika dicek pada kondisi onboard seperti ada yang terhubung singkat maka kita harus melepasnya untuk memisahkan dari komponen-komponen lain yang terhubung secara langsung pada rangkaian tertentu di motherboard.

Pengetesan Mosfet Dilepas Atau Tidak

Misalnya pada posisi onboard kita cek kaki G dan S terhubung singkat, maka langkah paling tepat untuk memastikannya adalah dengan melepas mosfet dari motherboard untuk kemudian di test ulang pada kondisi tidak terhubung dengan komponen lain baik secara langsung maupun tidak langsung karena memang sudah dilepas.
Hubung singkat tersebut tidak selalu disebabkan karena mosfet rusak, bisa saja yang rusak adalah komponen lain seperti kapasitor tantalum yang berhubungan langsung dengan mosfet tersebut. Jadi kesimpulannya adalah pengetesan mosfet tidak harus dilepas dari motherboard namun pada kondisi tertentu memaksa kita untuk melepasnya agar hasil test akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *