Steps Service Komputer Layar Tidak Nyala

Diposting pada

Salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah komputer adalah layar tidak nyala atau tidak menampilkan gambar apapun walaupun lampu indikator pada CPU menyala semua dan diganti monitor lain juga tetap tidak menampilkan gambar apapun, atau dalam bahasa komputer dikenal dengan black screen.
Ini adalah tips untuk kamu yang belum terlalu faham komputer jika menemui masalah seperti diatas silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Matikan komputer dengan menekan dan menahan tombol power sampai semua lampu pada CPU mati dan semua kipas juga mati.
2. Cabut kabel listrik dan buka kesing sebelah kiri ( secara umum, atau tergantung jenis kesingnya ) untuk mengakses bagian dalam CPU.
3. Perhatikan bagian dalam CPU, disama terdapat motherboard. Cari baterai CMOS, bentuknya bulat warnanya mengkilap putih. Lepas baterai CMOS ini dan biarkan selama kita-kira 1 menit.

Steps Service Komputer Layar Tidak Nyala

4. Lepas kabel yang menancap ke hardisk sebagai langkah antisipasi.
5. Nyalakan kembali komputer tanpa baterai, jika berhasil kembalikan seperti semula.
6. Jika sampai disini belum berhasil, maka silahkan lepas memory RAM dengan hati-hati.
7. Bersihkan slot RAM dengan kuas dan bersihkan kaki-kaki RAM menggunakan penghapus pensil 2B sampai mengkilap. Perhatikan apakan masih ada kerak pada kaki-kakinya, jika masih ada hilangkan kerak menggunakan silet atau peralatan sejenis dengan hati-hati.

Steps Service Komputer Layar Tidak Nyala

8. Pasang lagi memory yang tadi dilepas dan lakukan running test. Biasanya sampai disini akan berhasil. Jika berhasil kembalikan semua yang dilepas seperti semula.
9. Jika sampai langkah ini masih belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk menjemur komputer dibawah terik matahari dengan kondisi kesing terbuka.
10. Jika sampai langkah 9 masih belum berhasil, langkah selanjutnya membutuhkan sedikit pengetahuan perbaikan komputer, jika tidak yakin alangkah baiknya segera saja dibawa ke tempat perbaikan komputer yang bisa dipercaya.
Ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan jika komputer kamu tidak ada tampilan apapun pada layar padahal lampu pada CPU menyala dan kipas juga berputar semua semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *