Aspire 2930 Mati Total 5V Tidak Keluar

Diposting pada

Cara service laptop Aspire 2930 mati total 5V tidak keluar adalah dengan menelusuri jalur tegangan mulai dari sumber utama menuju rel 5V.
Indikasi dari kasus yang kita bahas kali ini adalah tegangan 5VALW yang seharusnya muncul saat charger dimasukkan walaupun laptop belum dinyalakan tidak bisa muncul, demikian juga 3VALW.
Tidak ada rel tegangan yang short ke ground namun laptop sama sekali tidak bisa dinyalakan. Demikian juga sumber tegangan utama B+ juga tidak mengeluarkan tegangan sama sekali walaupun jalur tidak short ke ground.
Ada beberapa bagian yang harus kita cek untuk menyelesaikan masalah ini yaitu mosfet charger ( PQ12 ) yang ada di bagian dekat dengan port baterai, ic charger yang mengontrol keluarnya B+ dan mosfet switch 5V dan 3V.

mosfet baterai pada laptop aspire 2930

Pada kasus isi PQ12 sebagai satu-satunya mosfet ke baterai dan bekerja sebagai jembatan arus baterai ke jaringan dan saat proses charging rusak, short antara kaki S dan D. Kemudian setelah diganti dengan yang normal B+ tetap tidak keluar tegangan yang seharusnya keluar kira-kira 19V yang efeknya tegangan 5VALW dan 3VALW juga tidak bisa keluar.

5VALW to 5VS mosfet

Setelah dicek di rell 5VALW tidak ada short, dan mosfet juga normal maka langkah selanjutnya adalah mengganti ic charger yang bekerja sebagai controller tegangan utama. Setelah IC charger BQ24751 diganti maka B+ keluar 19V dan 5VALW keluar normal 5Volt demikian juga 3VALW.

IC charger pada aspire 2930 mati total

Maka laptop bisa dinyalakan kembali dan pekerjaan selesai.
Ini adalah pengalaman service laptop aspire 2930 yang mati total karena 5VALW tidak keluar tegangannya semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *