Chipset IO Penyebab Laptop Mati Total

Diposting pada

Salah penyebab laptop mati total adalah chipset IO yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
Sebagaimana kita tahu bahwa kontrol daripada tombol power adalah chipset IO karena jalur tombol ini terhubung langsung ke chipset IO.
Maka, jika chipset ini tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya tentu saja tombol power tidak bisa berfungsi dengan baik dan laptop not responding ketika tombol ditekan.
Nah, mengapa chipset IO tidak bisa bekerja, apa penyebabnya, tentu saja jawabannya akan sangat beragam. Sebagaimana komponen chipset atau IC pada umumnya, tidak bisa bekerja jika tidak ada sumber arus yang masuk, atau tidak ada tegangan referensi sesuai dengan standart komponen tersebut, atau karena memang komponen tersebut telah rusak dan mati.
Salah satu penyebab chipset IO tida bisa bekerja adalah masalah yang ada pada tegangan yang dijadikan sumber atau referensi chipset. Pada sebuah laptop, salah satu tegangan yang masuk ke komponen ini adalah +3V, jika tidak ada tegangan ini maka chipset tidak bisa bekerja.
Secara umum ada 2 komponen utama pada jalur tegangan 3V yang digunakan sebagai supply chipset IO yaitu resistor dan sebuah kapasitor tantalum.
Jika resistor putus maka tegangan tidak bisa masuk ke chipset, dan jika kapasitor short maka resistor akan panas dan lama-lama putus juga. Kapasitor juga akan panas sebelum resistor putus.
Maka jika motherboard laptop dimasuki charger langsung panas resistor dan atau kapasitor tersebut maka yang perlu dicurigai adalah kapasitornya, biasanya short circuit.
Dengan mengganti kapasitor tersebut maka laptop akan kembali normal. Kami telah menerapkan ini pada laptop toshiba, namun secara umum berlaku pada jenis laptop lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *