Ciri-ciri Mosfet Laptop Rusak

Diposting pada

Ciri-ciri mosfet laptop rusak bisa dicek menggunakan AVO meter dengan urutan langkah cek mosfet pada umumnya, namun beberapa mosfet bisa dengan mudah di deteksi kerusakannya selain kerusakan yang terlihat secara fisik seperti pecah atau retak.
Diantara ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut
1. Probe hitam AVO meter diletakkan ke kaki 1 ( 2 atau 3 ) dan probe merah ke kaki 5 ( 6, 7 atau 8 ), jarum menunjukkan angka 0 ohm atau mentok ke kanan dan diam. Saat probe dibalik posisinya maka jarum tetap mentok ke kanan. Jika terjadi seperti ini maka diamkan mosfet selama kira-kira 15 menit dan cek lagi, jika tetap seperti ini maka mosfet positif rusak.
2. Probe hitam ke kaki 1 ( 2 atau 3 ) dan probe merah ke kaki 5 ( 6, 7 atau 8 ) jarum menunjukkan angka sekitar 5 ohm. Dan saat probe di balik posisinya jarum bergerak sedikit, dan jelas-jelas bergerak. Ini menunjukkan mosfet sudah lemah atau bisa dianggap rusak. Biasanya ini terjadi pada laptop yang kadang-kadang mati sendiri setelah panas.
3. Posisi probe seperti pada nomor 1 dan 2 diatas, dan jarum pada AVO meter tidak bergerak sama sekali. Ini juga bisa dijadikan patokan bahwa mosfet telah rusak
Dengan mengetahui ciri-ciri mosfet laptop rusak diatas maka kita akn lebih mudah mendeteksi kerusakan pada laptop terutama yang disebabkan karena mosfet jebol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *