Infocus Mati Total Atau Mati Lampu ?

Diposting pada

Karena banyak yang menyebut LCD proyektor dengan sebutan infocus maka untuk membenarkan salah kaprah tersebut kita sengaja mengadopsi sebutan sebagian user tentang proyektor dan kita akan membahas tentang kerusakan mati total dan mati lampu, dua hal yang berbeda namun kadang dianggap sama.

Infocus Mati Total Atau Mati Lampu ?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa infocus adalah merk, nama salah satu produknya adalah proyektor, jadi mulai sekarang jangan menyebut semua jenis proyektor dengan sebutan infocus.
Kemudian kita akan membahas 2 hal yang penyebabnya jauh berbeda namun kadang-kadang para teknisi kurang jeli sehingga menganggapnya sama saja.
Yang pertama adalah proyektor yang mati total. Mati total adalah seluruh indikator termasuk lampu power benar-benar mati, tidak bisa dihidupkan, tanpa ada tanda-tanda kehidupan. Atau bisa hidup atau nyala sebentar kemudian mati total ( tidak ada tanda kehidupan ). Untuk kasus seperti ini penyebabnya biasanya IC Regulator Power supply
Yang kedua adalah proyektor mati lampu, biasanya nyala sebentar kemudian tiba-tiba lampu mati kipas nyala kenceng dan indikator power tetap menyala dengan putaran semua cooling fan maksimal. Jika kerusakannya speerti ini maka kemungkinan terbesar adalah pada input balast atau bagian output power supply yang mensupply balast, bukan IC regulator.
Hal ini kita bahas karena banyak yang salah persepsi sehingga setelah penggantian ic regulator masalah tidak kunjung beres.

6 thoughts on “Infocus Mati Total Atau Mati Lampu ?

  1. Mas aku punya merek infocus.. hidup tapi lampu tidak sama skali nyala.. tapi aku cek lampu nya tidak putus.. paling sering bagian driver nya apa yg rusak mas.. atau ic apa atau apa nya.. mas.. mohon pencerahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *