Laptop Bluescreen setelah install ulang

Diposting pada

Salah satu masalah sering muncul pada laptop yaitu bluescreen setelah proses install ulang tepatnya setelah proses install driver.
Kasus ini biasanya terjadi pada laptop yang proses instalasi drivernya menggunakan driver pack yang otomatis. Sumber masalahnya sebetulnya tidaklah rumit atau besar, secara umum. Namun bisa saja masalah ini disebabkan oleh problem hardware yang bisa dibilang berat ( pada kondisi tertentu ). Maka kita perlu melakukan sedikit analisa agar bisa menemukan sumber troublenya. Lakukan analisa ringan sebagaimana step berikut :
1. Nyalakan laptop dan masuklah ke Save Mode dengan menekan berkali-kali tombol F8 sesaat sebelum laptop mulai proses booting ( sebelum masuk booting ). Setelah muncul tampilan hitam dengan tulisa warna putih maka pilih Save Mode dan enter maka laptop akan masuk ke tampilan save mode.
2. Jika langkah 1 berhasil maka setelah proses booting save mode selesai silahkan masuk ke screen Device Manager untuk menemukan driver VGA.
3. Uninstall driver VGA, jika muncul 2 driver hapus keduanya.
4. Kemudian restart laptop dan biarkan masuk ke tampilan normal ( bukan save mode )
5. Jika proses diatas berhasil maka segera download driver VGA dari website resmi sesuai dengan type laptop. Dan jangan lupa juga untuk meng-install driver chipset.
6. Kemudian restart lagi laptop setelah proses instalasi driver VGA berhasil selesai. Jika laptop kamu sudha normal maka kerjaan beres. Ini menunjukkan bahwa sumber masalah adalah ada pada driver VGA yang tidak support tapi dipaksakan.
7. Jika langkah diatas belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah melakukan cek terhadap kondisi RAM dan Chipset VGA di motherboard.
Secara umum steps diatas bisa berhasil memperbaiki laptop bluescreen setelah install ulang namun jika memang belum berhasil maka simak bahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *