Laptop Dell Bunyi Tit 5 Kali Kenapa?

Diposting pada

Salah satu penandaan yang di miliki laptop dell adalah tanda error dengan suara tut tut tut yang jumlahnya menunjukkan jenis error tertentu.
Misalnya laptop dell bunyi tit atau tut sebanyak 5 kali terus menerus selama proses booting, namun tidak mempengaruhi proses booting sampek masuk windows, ini adalah pertanda bahwa ada kerusakan pada baterai CMOS atau baterai CMOS kondisinya kosong.

Laptop Dell Bunyi Tit 5 Kali Kenapa?

Solusi dari masalah ini adalah tentu saja dengan mengganti baterai cmos tersebut dengan yang baru atau yang normal, sekali lagi yang normal. Lalu bagaimana jika kita ganti dengan baterai bekas ? Bisa saja namun ada syaratnya yaitu kondisi baterai harus bagus, tegangan harus keluar sesuai ratingnya dan tidak berkurang saat di pasang di motherboard, untuk pengecekan silahkan pasang di motherboard kemudian cek menggunakan multi tester jika tegangan tidak berkurang maka baterai bisa dianggap normal namun jika tegangan berkurang maka kemungkinan tidak akan bisa menghilangkan warning bunyi tut pada laptop dell kamu.
Kamu juga bisa menggantinya dengan baterai cmos PC yang harganya hanya Rp. 5000. Caranya dengan melepas kabel dan lempengan yang menempel pada baterai cmos aslinya untuk ditempelkan ke baterai CMOS PC kemudian di balut dengan isolasi yang kuat sehingga tidak terlepas.
Jadi kesimpulannya adalah laptop dell bunyi tit 5 kali saat proses booting disebabkan karena baterai cmos rusak dan bisa diganti dengan bateari bekas namun kondisinya harus benar-benar bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *