Laptop Ketumpahan Air Saat Ngecas

Diposting pada

Bagaimana jika laptop tidak sengaja ketumpahan air saat ngecas ? Apakah harus ganti motherboard ?
Menanggapi kamu yang merasa punya masalah seperti ini, rasanya terlalu dini untuk memustuskan harus ganti motherboard karena setiap masalah pada motherboard secara umum masih bisa diatasi atau diperbaiki dengan tanpa mengganti motherboard secara total yang tentu saja membutuhkan biaya yang sangat mahal ( dibandingkan dengan beli laptop baru ).

Laptop Ketumpahan Air Saat Ngecas

Sebagai analisa umum, misalnya akibat dari ketumpahan air tersebut laptop jadi mati total ( tidak bisa dinyalakan sama sekali ), biasanya terdapat komponen yang short dan kondisi ini masih bisa di tangani oleh komponen kontrol yang bisa memutuskan arus ke jalur distribusi arus di seluruh motherboard sehingga komponen di jalur tersebut aman. Dalam kasus ini biasanya akibat paling berat adalah mengganti chipset yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan mengganti motherboard secara keseluruhan.

Atau akibat ketumpahan air tersebut laptop jadi black screen atau layar nge-blank namun indikator power masih bisa nyala, ini biasanya yang kena adalah Chipset VGA, biaya penggantiannya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan mengganti motherboard secara keseluruhan.

Baca juga :   Laptop Terkena Air, Segera Ikuti Langkah Ini

Untuk menemukan sumber kerusakannya perlu dilakukan check lebih lanjut baik secara visual pada motherboard maupun check per komponen secara menyeluruh. Jadi laptop ketumpahan air saat ngecas secara umum masih bisa diperbaiki dengan tanpa mengganti motherboard secara keseluruhan kecuali kerusakan sudah sangat parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *