Laptop Tidak Bisa Charging Setelah Panas, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Ada kasus sedikit aneh yang bisa saja terjadi pada sebuah laptop yaitu tidak bisa charging setelah panas.

Laptop Tidak Bisa Charging Setelah PanasPada saat laptop dingin, ketika charger dimasukkan bisa proses charging normal, setelah kira-kira 20 menit laptop dinyalakan maka indikator di laptop berkedip-kedip dan dilayar monitor menunjukkan proses charging yang kadang gagal dan hilang prosesnya.

Apa gerangan yang menyebabkan masalah tersebut diatas, yuk kita mencoba analisa melalui langkah-langkah berikut.
1. Lepas baterai dan nyalakan laptop menggunakan charger saja, tunggu sampai laptop agak panas jika laptop tidak mati makan charger bisa dibilang normal.
2. Jika masih memungkinkan nyalakan laptop menggunakan baterai saja untuk testing kondisi baterai. Jika laptop tidak mati sebelum baterai habis berarti baterai bisa dianggap normal.
3. Untuk lebih memastikan kondisi charger bisa di cek pake charger lain. Demikian juga dengan baterai.
4. Kalau sudah yakin kondisi charger dan baterai normal maka selanjutnya kita analisa bagian dalam laptop yaitu di bagian motherboard. Untuk action ini tentu saja membutuhkan sedikit ilmu elektronika dasar biar agak terarah waktu nganalisa.
5. Seperti biasa langkah awal yang musti kita lakukan adalah visual cek. Barangkali ada komponen yang rusak secara fisik.
6. Kemudian check komponen yang panasnya terlalu tinggi jika ada.
7. Jika semua beres dan tidak ada tanda-tanda, maka kemungkinan terbesar adalah ic charger minta diganti.

Baca juga :   Langkah Perbaikan Aspire One Tidak Bisa Dinyalakan

Namun, sebelum melakukan penggantian alangkah baiknya jika kamu coba terlebih dahulu melakukan update bios ke versi terbaru.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas maka kita akan terhindar dari melakukan aciton yang seharusnya tidak dilakukan dan merugikan secara materi untuk memperbaiki laptop tidak bisa charging setelah panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *