Proyektor Tampilan Bergaris-garis Vertikal

Diposting pada

Ini adalah masalah yang sering terjadi juga pada DLP Proyektor yaitu tampilan bergaris-garis vertikal dengan warna tertentu bisa hijau atau warna lain dan memenuhi semua tampilan.

Masalah ini biasanya terjadi pada proyektor yang jarang dibersihkan dan tempat penggunaannya yang kotor dan berdebu.

Jenis proyektor yang sering bertemu dengan masalah ini adalah jenis DLP yaitu proyektor yang menggunakan chips DMD sebagai sumber gambar yang akan dipancarkan ke tampilan luar. Untuk Proyektor jenis LCD, yaitu yang menggunakan LCD warna sebagai sumber gambar jarang terjadi masalah seperti ini.

Sebagaimana kita telah tahu bahwa chips DMD pada DLP proyektor di install pada satu unit mainboard ( khusus untuk DMD chips ) dan terhubung dengan mainboard utama melalui sebuah slot dengan kaki yang lumayan banyak, nah di sinilah sering terjadi problems yang akan mengganggu koneksi antara DMD dan mainboard sebagia pengolah seluruh data pada sebuah proyektor. Masalah koneksi ini akan menimbulkan banyak problems termasuk yang kita bahas kali ini dimana tampilan akan bergaris-garis, walaupun gambar masih bisa terlihat jelas.

Bagaimaan solusi untuk masalah ini? Tentu saja jawabannya adalah dengan membersihkan slot pada mainboard utama yang berfungsi sebagai penghubung dengan mainboard DMD chips.

Langkah kedua adalah membersihkan sirip mainboard DMD yang memiliki kaki-kaki pin berwarna kuning emas, harus benar-benar bersih agar tidak gampang kumat lagi. Untuk action ini kamu bisa menggunakan penghapus ballpoint, penghapus yang agak keras. Atau jika tidak ada bisa juga menggunakan penghapus pensil yang bagus.

Dengan melakukan dua langkah taktis tersebut kita bisa memperbaiki DLP proyektor tampilan bergaris-garis vertikal sehingga bisa kembali bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *