Ganti IC Regulator Proyektor BenQ Gagal

Diposting pada

Bagaimana jika mengganti is regulator proyektor BenQ gagal dan proyektor tetap tidak bisa nyala atau bahkan IC regulator pecah lagi.


Salah satu penyebab proyektor BenQ mati total adalah karena IC regulatornya pecah sehingga tidak ada sumber tegangan yang masuk ke mainboard. Untuk memperbaiki kerusakan ini kadang-kadang para teknisi terlalu gegabah dengan hanya menggantinya saja tanpa melakukan check up terhadap kondisi komponen lain pada power supply sehingga tidak sedikit yang rugi karena komponen yang baru dipasang pecah lagi dan atau proyektor tetap saja tidak bisa bekerja dengan baik.

Sebetulnya komponen apa yang ikut-ikutan rusak pada kondisi seperti ini? Ada satu komponen yang memang sering bermasalah juga jika ic regulator sampai pecah, ini adalah Deoda yang ada di bagaian out jalur menuju balast.
Jika Deoda ini putus maka ic regulator akan pecah lagi, jika deoda ini short maka proyektor tidak bisa menyala atau paling tidak tidak bisa memancarkan signal.

Baca juga :   Mengganti ISL6237 Dengan IC Lain

Jadi kesimpulannya adalah Check deoda yang berada di dekat jack out ke balast untuk mengantisipasi agar tidak gagal saat mengganti ic regulator proyektor BenQ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *