Laptop Acer Lampu Nyala Langsung Mati

Diposting pada

Apa yang harus dilakukan jika bertemu dengan laptop acer yang saat di tekan tombol power lampu indikator power nyala langsung mati dan tentu saja tida tampilan apa-apa di layar monitor.

Kasus ini terjadi pada kondisi baik menggunakan charger saja, baterai saja, atau charger dan baterai, dan clear CMOS juga tidak memberikan hasil apa-apa.

Kejadian ini seperti seolah-olah arus akan masuk ke system namun tidak kuat ngangkat sehingga laptop mati lagi, atau seperti arus akan masuk namun terbentur dengan sesuatu yang menyebabkan arus tidak bisa masuk.

Baca juga :   Komponen Setengah Rusak Penyebab Laptop Mati Total

Atau seolah-olah system proteksi bekerja karena ada jalur yang resistansinya terlalu kecil sehingga proteksi over current bekerja mematikan arus yang akan masuk, laptoppun tidak bisa dinyalakan.

Ada beberapa pilihan langkah yang bisa kita lakukan berdasarkan penyebab dari masalah ini namun kita akan bahas yang sering terjadi atau sering kita temui di bengkel.

Penyebab Laptop Acer lampu nyala langsung mati ini adalah ruskanya kapasitor pada jalur VCore atau pada jalur power yang masuk ke chipset VGA pada kondisi tertentu. Namun jalur VCore lebih sering terjadi.

Baca juga :   Penyebab Laptop Gagal Booting Restart Terus Menerus

Kerusakan kapasitor ini bisa berupa short circuit, keluar resistansi yang tidak diharapkan, atau berubahnya nilai kapasitif pada kapasitor tersebut.

Kapasitor yang rusak biasanya adalah jenis tantalum 330 yang bentuk fisiknya berwarna hitam persegi panjang yang ada di bagian belakang prosesor atau pada motherboard tertentu di sekitar prosesor di bagian bawah motherboard.

Untuk mencari kapasitor mana yang rusak kita bisa lebih mudah dengan bantuan diagram skema dan pengecek-an bisa menggunakan multitester atau avometer. Peralatan lain yang harus dimiliki adalah solder, cairan flux, solder uap atau heater blower atau work station atau peralatan sejenis, demikian juga obeng dan peralatan service umum lainnya.

Baca juga :   Mosfet Charging Aspire 4738

Dengan mengganti kapasitor tantalum yang rusak pada jalur VCore maka laptop acer lampu nyala langsung mati dan tidak ada tampilan apapun atau black screen bisa diperbaiki dan kembali bekerja normal.

11 thoughts on “Laptop Acer Lampu Nyala Langsung Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *