Laptop HP Pavilion Mati Premature

Diposting pada

Sebagaimana laptop jenis lain yang tiba-tiba saja mati saat digunakan atau bahkan sebelum masuk windows Laptop HP Pavilion mati premature secara umum juga disebabkan karena masalah VCore yang tidak stabil.
Vcore secara singkat adalah tegangan yang masuk ke prosesor yang keluar setelah prosesor bekerja, tegangan ini harus benar-benar stabil, maka selalu kita temukan kapasitor besar pada jalur ini.
Kapasitor, komponen yang bekerja sebagai penghalus tegangan ( salahsatunya ) pada Vcore digunakna juga sebagia penghalus tegangan yang menghilangkan ripple dan memunculkan grafik tegangan yang benar-benar lurus datar tanpa gelombang, atau dalam bahasa lain benar-benar halus.
Jika terjadi masalah pada kapasitor di jalur Vcore maka prosesor akan gagal bekerja dan menyebabkan laptop tiba-tiba saja mati, restart atau bahkan gagal booting dan atau bisa saja laptop tidal tampil apa apa ( black screen ).
Dimana letak kapasitor ini pada Laptop HP Pavilion ?
Jika kita punya skema motherboard laptop terkait maka ini tidak lagi menjadi masalah, namun jika tidak ada skema maka perhatikan di bagian bawah prosesor, dibalik motherboard. Terdapat kapasitor tantalum dengan ukuran 330uF, tantalum dengan kapasitas 2,5Volt berjajar di bagian belakang prosesor, cek semua kapasitor jika memungkinkan, jika tidak memungkinkan langsung ambil satu dan ganti dengan yang baru, berdasarkan pengalaman cara ini akan berhasil memperbaiki laptop HP Pavilion yang mati premature.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *