Laptop Nyala Di Monitor Eksternal Saja

Diposting pada

Salah satu penyebab laptop hanya bisa nyala di layar monitor eksternal saja dan di layar laptop sendiri black screen adalah hilangnya salah satu level tegangan yang seharusnya muncul saat laptop dinyalakan ( ditekan tombol powernya ).
Sebagaimana kita tahu bahwa secara umum, sebuah laptop, memiliki komponen yang bekerja seperti sebuah saklar yang bekerja mengatur tampilan baik yang menuju layar monitor laptop atau menuju port VGA ke monitor eksternal atau Proyektor atau perangkat sejenis lainnya. Dan tentu saja komponen ini butuh makan, dimana makanannya adalah sumber power berupa tegangan ( Voltage ).
Demikian juga perangkat yang memunculkan gambar ke layar monitor juga membutuhkan tegangan, maka jika tegangan yang dibutuhkan tersebut tidak tersedia maka tentu saja perangkat tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
Nah, salah satu tegangan pada sebuah laptop yang biasanya menggunakan VGA expansion ( ATI atau nVidia, dll ), yang jika tidak ada bisa menyebabkan layar internal Laptop tidak bisa menampilkan gambar namun laptop bisa booting juga dan bisa menampilkan gambar melalui monitor eksternal, namun tidak begitu terang, adalah tegangan 5Volt ( +5V ). Tegangan ini tidak muncul sebelum tombol power ditekan.
Kita ambil contoh pada laptop HP yang menggunakan VGA expansion ATI Radeon. Tegangan +5V dihasilkan dari 5Volt yang langsung muncul saat laptop mendapatkan sumber power ( charger atau baterai ).
Antara tegangan 5V always on tersebut dengan +5V hanya dibatasi oleh sebuah mosfet yang dikontrol oleh sebuah ic kontrol power supply.
Hilangnya tegangan +5V ini bisa saja diakibatkan karena mosfet jebol, atau ic kontrolnya rusak, atau bahkan bisa juga karena chipset VGA expansion rusak ( tidak normal ).
Solusi dari masalah seperti ini adalah :
1. Ganti komponen jika rusak
2. Lepas mosfet dan jumper menggunakan kabel, disable VGA expansion.
3. Lepas chipset VGA expansion agar laptop hanya bekerja menggunakan VGA Intel ( basic VGA )
4. Mengganti chipset VGA expansion jika terdeteksi kurang bagus.
Solusi paling mudah adalah solusi nomor 2 diatas, namun jangan lupa melakukan disable terhadap VGA expansion karena jika tidak maka tampilan akan berantakan dan kurang sempurna.  Semoga bisa membantu untuk menangani laptop yang layar internalnya tidak bisa menampilkan gambar namun laptop booting.

5 thoughts on “Laptop Nyala Di Monitor Eksternal Saja

  1. salam bos, ane mau disable vga ati dan pakai intel nya aja, btw setelah di copot chip vga ati nya laptop masih belum bisa tampil, gmna cara disable nya? makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *