Mengganti Chipset IO Tidak Berhasil

Diposting pada

Kenapa mengganti chipset IO tidak berhasil ? Penggantian ini biasa dilakukan pada sebuah laptop yang tidak bisa dinyalakan sama sekali padahal tegangan 19Volt normal ( tidak drop ) dan tegangan 5Volt juga normal demikian juga 3Volt keluar dengan normal, namun tidak bisa dinyalakan saat tombop power ditekan.
Sebelum melakukan penggantian Chipset ini coba lakukan testing untuk memastikan dengan melepas baterai cmos, diamkan selama kira-kira 5 menit dan masukkan charger. Pada laptop tertentu, setelah proses ini ( clear cmos ) saat charger dimasukkan maka laptop langsung powering up, nah jika demikian yang terjadi maka belum bisa dipastikan chipset io rusak atau lebih cenderung tidak rusak, dan jika tidak ada respon apa-apa maka kemungkinan terbesar IO memang rusak.
Bagaimana jika penggantian chipset tidak membuahkan hasil? maka salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya kita memasang pada motherboard, lihat gambar berikut.

Mengganti Chipset IO Tidak Berhasil

Perhatikan dengan seksama posisi kaki-kaki chipset yang ternyata kurang tepat sehingga tidak semua kaki terhubung dengan baik ke jalur kaki di motherboard. Jika demikian maka chipset tidak akan bisa bekerja dengan baik tentunya.
Maka perlu diperhatikan dengan seksama posisi kaki-kaki chipset saat pemasangan, betulkan posisinya sebelum dilakukan pemanasan dan pastikan tidak tergeser sedikitpun saat proses pemanasan.
Ketepatan kaki-kaki chipset sangat menentukan tingkat keberhasilan penggantian komponen ini. Hal penting yang selanjutnya adalah tingkat kerekatan kaki dengan motherboard, kita harus benar-benar yakin bahwa semua kaki tersolder dengan baik sebelum melakukan running test agar chipset tidak rusak gara-gara kurang rekatnya kaki ke motherboard yang bisa saja menyebabkan timbulnya lonjakan arus di luar standart yang seharusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *