Penyebab 3V 5V Drop Pada Motherboard Laptop

Diposting pada

Penyebab 3V dan 5V drop pada motherboard laptop bisa bermacam-macam, salah satunya adalah adanya salah satu jalur atau rell lain yang resistansinya tidak sebagaimana mestinya, terlalu kecil sehingga menyebabkan adanya arus berlebih di rell tersebut dan menyebabkan tegangan 3V dan 5V muncul namun drop ( tidak sampai 3 dan 5 volt ).
Tegangan 3V dan 5V harus sudah muncul ( pada berbagai jenis motherboard secara umum ) saat charger laptop dimasukkan. Tegangan ini menjadi sumber energi unit power untuk melakukan switch ON terhadap motherboard ini.
Salah satu rell yang bisa menyebabkan 3V dan 5V tegangannya drop adalah rell 1,1Volt, yang pada laptop jenis acer menggunakan kode +1.1V_S5 ( Motherboard ZQP ), jika ada arus berlebih pada jalur ini maka menyebabkan tegangan 3V akan drop atau bahkan tidak keluar sama sekali, demikian lagi dengan 5V karena sebagaimana kita tahu bahwa 2 level tegangan ini ada pada 1 system kontrol, 1 ic step down. Jika arus di rell ini sangat tinggi maka saat charger kita masukkan ke motherboard maka tegangan dari charger langsung hilang, lampu di charger langsung mati.

Penyebab 3V 5V Drop Pada Motherboard Laptop

Gambar diatas adalah ic step down ( ic kontrol ) tegangan 1,1Volt pada motherboard ZQP. Jika kita memasukkan tegangan dengan paksa maka ic ini bisa jadi sangat panas.
Step yang terpenting jika menemukan kasus seperti diatas adalah menemukan sumber masalah yang menyebabkan rell 1.1V ini resistansinya terlalu kecil. Bagaimana caranya? tentu dengan menelusuri kemana saja rell 1.1V ini dihubungkan, tersambung dengna komponen yang mana saja rel ini. Dengan melepas satu persatu komponen yang terhubung secara langsung ( bisa berupa mosfer, transistor atau Induktor ) maka kita akan menemukan komponen mana yang harus kita ganti karena rusak.
Jadi penyebab 3V dan 5V drop pada motherboard laptop salah satunya adalah masalah pada jalur tegangan 1,1Volt.

6 thoughts on “Penyebab 3V 5V Drop Pada Motherboard Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *