Apa Itu VCore ?

Diposting pada

Apa itu VCore ? Ini adalah simbol yang maksudnya adalah tegangan untuk mensupply prosesor pada sebuah motherboard laptop. Simbolnya ada yang VCore, ada juga Vcc-Core dan lain-lain.
Apa fungsi VCore? Karena ini tegangan supply prosesor maka fungsinya adalah mensupply kebutuhan sumber tegangan prosesor. Tegangan ini muncul setelah tombol power di tekan dan jika diukur akan ada di kisaran 1,5Volt dan bergerak naik turun seiring dengan kinerja prosesor.
VCore pada motherboard laptop adalah tegangan yang diturunkan langsung dari tegangan utama 19Volt. Di kontrol oleh sebuah IC kontrol step down yang bekerjasama dengan beberapa buah mosfet dengan arus ( ampere ) tinggi.

ic kontrol step down VCore

Gambar diatas adalah sebuah ic kontrol stepdown VCore pada motherboard ZQ9. IC ini bekerja sebagai pemicu mosfet-mosfet yang hasil akhirnya nanti adalah tegangan VCore yang dibutuhkan oleh prosesor.

mosfet Vcore

Ini adalah mosfet yang bekerja untuk menurunkan tegangan dari 19Volt ke tegangan VCore yang dibutuhkan oleh prosesor dengan level kisaran 1,5Volt. Ada banyak SMD kapasitor di jalur VCore ini yang bekerja sebagai penghalus tegangan atau mengurangi ripple tegangan dan sebagai penstabil tegangan sehingga tidak ada hentakan tegangan yang bisa saja menyebabkan laptop mati tiba-tiba karena kelebihan arus.
Ini adalah sedikit tentang VCore yang tentu saja ada penjelasan yang lebih detail namun ini kira-kira bisa menjadi gambaran secara garis besar sehingga bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu VCore.

2 thoughts on “Apa Itu VCore ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *