Service Acer 4349 ZQR Mati Total Tidak Short

Diposting pada

Pada jenis motherboard Quanta ZQR yang dipakai pada laptop Acer Aspire 4349 memiliki proteksi yang lebih bagus (aman) dibandingkan dengan motherboard laptop yang lebih tua.

Biasanya pada motherboard yg versi lama jika saat charger dimasukkan lampu indikator di charger langsung mati ini menunjukkan ada jalur yang short ke ground, biasanya disebabkan karena adanya komponen yang rusak seperti kapasitor tantalum atau SMD capacitor atau bahkan ada mosfet yang konslet.

Laptop Acer 4349 ZQR Mati Total Tidak Short

Namun pada motherboard ZQH, jika lampu indikator charger langsung mati saat ditancapkan ke motherboard belum tentu ada komponen yang short, dan bahkan jalur utama (19V) bisa aman-aman saja jika di check menggunakan Multitester.

Baca juga :   Service Printer Epson Mati Total L200

Nah, sekedar sharing pengalaman, jika bertemu dengan masalah yang demikian, dimana charger indicator langsung mati saat ditancapkan ke motherboard, namun saat dicheck jalur 19V aman ( tidak short ), jalur 5V dan 3V juga tidak short ke ground, mosfet utama dan charging juga tidak rusak, demikian juga tidak ada SMD capacitor di bagian VCore yang short, maka silahkan check semua mosfet yang ada di level tegangan 1,5Volt termasuk ke VCore dan VGfx.

Baca juga :   Service Laptop Matot, Jangan Abaikan Mosfet Ini

Lepas mosfet-mosfet tersebut agar bisa melakukan check lebih lanjut terhadap kondisi mosfet, karena berdasarkan pengalaman ada terdapat mosfet yang bocor namun tidak sampai short dan ini menyebabkan adanya arus berlebih pada jalur 19Volt yang menyebabkan charger mati ( melakukan proteksi ).
Untuk analisa lebih lanjut alangkah baiknya jika kita membaca skema dari motherboard ini, silahkan download menggunakan link : skema motherboard ZQR
Dengan skema tersebut kita akan terbanĀ  tu dan lebih mudah menemukan sumber masalah yang menyebabkan laptop acer 4349 mati total.

2 thoughts on “Service Acer 4349 ZQR Mati Total Tidak Short

  1. Mas, saya punya masalah pada notebook samsung 305U, yang mana bila tombol power ditekan/dinyalakan lampu power hidup kipas pendingin juga hidup tapi monitor tak ada tanda-tanda kehidupan alias blank hitam. kira-kira apanya ya mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *