Laptop Axioo Baterai 95% Berhenti

Diposting pada

Kasus seperti ini sering terjadi pada berbagai jenis laptop termasuk Axioo dimana baterai berhenti di 90% dan tidak bisa full atau berhenti di prosentase berapapun dan tidka bisa bertambah saat di ces dan laptop langsung mati saat charger dilepas pertanda tidak ada energi yang tersimpan di baterai.

Laptop Axioo Baterai 95% Berhenti

Ada beberapa spekulasi memang jika bertemu dengan masalah seperti ini, apakah baterai sudah rusak atau ada komponen yang di motherboard yang rusak sehingga proses charging tidak bisa sempurna. Maka untuk meyakinkan masalah sebenarnya kita bisa ikuti step step berikut :
1. Cabut charger dan baterai
2. Bungkar kesing laptop untuk mengakses motherboard
3. Kita harus bisa mengakses port baterai di bagian motherbaord dengan leluasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ini penting karena bisa saja konslet disebabkan karena kesalahan kita menyentuhkan probe multitester pada komponen tertentu di bagian motherboard, karena kita akan menggunakan multitester pada proses analisa ini.
4. Angkat motherboard dari kesing
5. Masukkan baterai, dan masukkan juga charger
6. Check tegangan di bagian port baterai, probe multitester warna hitam letakkan di ground, dan warna merah di bagian port baterai paling pinggir, jika terdapat tegangan normal maka lepas charger dan baterai.
7. Masukkan lagi charger tanpa baterai dan check tegangan di titik port baterai seperti langkah 6. Jika tetap ada tegangan maka ini tidak boleh, kemungkinan besar ada masalah di motherboard.
8. Lepas charger dan masukkan lagi baterai, check tegangan di port baterai, jika ada tegangan maka baterai normal, jika tidak ada tegangan maka masukkan charger dan tunggu sampai kira2 beberapa menit agar ada proses pengisian. Pada saat charger dimasukkan harus ada tegangan yg cukup di port baterai.
9. Setelah beberapa menit proses charging, lepas charger dan check tegangan di port baterai, jika tidak ada tegangan maka kesimpulannya adalah baterai rusak.
Dengan melakukan check up seperti langkah diatas maka kita bisa yakin sebenarnya penyebab baterai 95% berhenti itu karena kerusakan baterai atau bukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *