Laptop HP 1000 Tiba-tiba Tidak Bisa Nyala

Diposting pada

Laptop HP 1000 Tiba-tiba Tidak Bisa Nyala bisa saja disebabkan karena hal yang tidak terlalu berat dan tidak harus ada proses overhoule dan penggantian spare part di bagian motherboard.
Kerusakan seperti ini biasanya terjadi pada laptop HP yang memang tidak disebabkan oleh hal-hal ekstrim seperti lonjakan arus, over penggunaan dna terlalu panas, terkena air dan lain-lain.
Misalnya laptop digunakan normal di shutdown normal, eh esok hari tidak lagi bisa dinyalakan walaupun di masukin charger, bahkan indikator charging di dekat jack charger juga tidak nyala, maka ini bisa saja disebabkan oleh hal yang tidak terlalu berat seperti yang akan kit abahas di session kali ini.
Sebagaimana kita tahu bahwa laptop HP memang memiliki system proteksi yang lebih ketat daripada laptop lain yang sejenis, sehingga sering melakukan self protection sendiri jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini tentu baik bagi keamanan laptop, namun bagi orang awam ini dianggap masalah baru. Berbeda dengan pada umumnya laptop regular yg lain yang bisa saja hanya memiliki proteksi over current dan over head saja.
Bagi seorang teknisi saya yakin ini sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi.
Lalu apa solusi dari Laptop HP 1000 yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan padahal kemarin norma-normla saja, simak steps berikut :
1. Lepas charger
2. Lepas baterai
3. Diamkan, kemudian coba nyalakan lagi menggunakan charger.
4. Jika masih belum berhasil, buka kesing bagian belakang untuk mengakses baterai CMOS.

Laptop HP 1000 Tiba-tiba Tidak Bisa Nyala

5. Baterai CMOS ada di dekat hardisk, lepas baterai ini dan diamkan laptop beberapa saat.
6. Coba masukkan charger dan perhatikan lampi indikator charging, jika nyala coba nyalakan laptop, maka seharusnya laptop bisa nyala, dan jangan lupa untuk menyesuaikan tanggal dan tahun karena setelah baterai CMOS dilepas maka tenggal akan ter-reset.

Steps diatas akan mengembalikan laptop HP 100 yang tiba-tiba tidak bisa nyala, namun jika belum berhasil maka ada kemungkinan kerusakan memang sudah sedikit lebih berat dan memerlukan analisa lebih lanjut, silahkan baca-baca artikel lain di blog ini untu menemukan solusi bahasan yang mungkin sesuai dengan masalah yang kamu temui sehubungan dengan perbaikan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *