Penyebab Netbook Toshiba NB500 Not Charging

Diposting pada

Cara memperbaiki netbook Toshiba NB500 yang Not charging padahal baterai normal saat di pasang pada netbook lain.
Tanda-tanda masalah pada netbook ini adalah saat charger di tancapkan maka lampu indikator charging yang warna merah menyala beberapa saat kemudian mati lagi dan kadang bahkan tidak nyala sama sekali namun laptop masih bisa dinyalakan dan indikator di layar desktop adalah plugged in Not charging.
Secara teori bisa di asumsikan bahwa netbook NB500 ini bermasalah pada jalur antara port charger ke baterai dan kontrol charging baterai. sehingga arus tetap bisa masuk namun tidak normal.
Dan salah satu penyebabnya adalah adanya masalah pada mosfet yang ada di jalur utama sebelum masuk ke jalur Vin yang di sebar ke seluruh rel di motherboard. Mosfet ini terletak di pintu masuk sumber arus, yaitu di dekat port charger di bagian motherboard netbook.

Netbook Toshiba NB500 Not Charging

Kode mosfet ini di motherboard adalah PQ204 seperti terlihat di gambar diatas. Tanda kerusakan pada mosfet ini adalah jika kita check menggunakan Multi tester pada posisi Ohm, maka jarum akan bergerak setelah putaran lebih walaupun probe merah dan hitam di bolak balik.
Dengan mengganti mosfet tersebut maka toshiba NB500 bisa kembali bekerja dengan normal dan masalah not charging akan hilang ditandai juga dengan menyalanya indikator charging warna merah di bagian depan netbook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *