Penyebab Laptop Muncul Suara Berisik

Diposting pada

Bagi pengguna yang awam bisa saja nelum mengetahui penyebab laptop muncul suara berisik yang kadang ternyata bukanlah masalah yang terlalu besar walaupun pada kondisi tertentu memang tidak bisa diremehkan.
Masalah ini sering terjadi pada laptop, dan jarang terjadi pada netbook. Apa pembedanya? salahsatunya adalah bedanya system pendinginan pada prosesornya, karena suara kasar ini disebabkan karena maslaah lada kipas pendingin. Pada laptop, pendinginan prosesor sangat penting dan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu prosesor agar tidak melebihi rating yang diizinkan pada komponen chips prosesor tersebut.
Pada sebuah netbook kecil tentu saja pekerjaan mendinginkan prosesor tidaklah seberat pada laptop karena netbook, sebagaimana kita telah tahu, jenis chips prosesornya sudah di buat sedemikian rupa sehingga pada saat bekerja tidak menyebabkan suhu bodynya terlalu panas, bahkan pada prosesor-prosesor terbaru ada juga yang tidak lagi membutuhkan kipas pendingin karena memang tidak terlalu panas suhunya.
Nah, dengan kinerja yang lebih berat, pada jenis laptop, maka kemungkinan adanya aus pada poros kipas pendingin tentu lebih besar dan ke-aus-an ini bisa menyebabkan timbulnya suara kasar saat kipas berputar dengan kecepatan maksimal.
Pada kondisi tertentu, suara kasar ini tidaklah terlalu besar pengaruahnya pada kinerja laptop, hanya saja suaranya memang tidak enak didengar, dengan syarat kipas tetap bisa berputar dengan lancar dan tidak ada kotoran yang menyumbat fentilasi heatsink.
Namun jika kipas pendingin mengeluarkan suara kasar dan putarannya agar berat maka hal ini tidak boleh diremehkan karena bisa menyebabkan laptop hang ( overheat ).
Solusi untuk menghilangkan suara kasa pada laptop ini adalah dengan membersihkan kipas pendingin prosesor dan heatsinknya dan jika perlu kipas harus diganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *