Agar Laptop Tidak Mati Setelah Diam Lama

Diposting pada

Beberapa tips untuk menghindari laptop tidak bisa dinyalakan alias mati total hanya karene tidak dinyalakan dalam waktu lama kita sajikan dalam kesempatan ini. Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri yang akan dilaksanakan Hari Rabu minggu depan maka tentu saja beberapa dari kita sudah mempersiapkan diri dan sudah ada yang tidak lagi atau sebentar lagi tidak lagi menggunakan atau menyalakan laptopnya dan ini biasanya akan terjadi dalam jangka waktu lama sampai kira-kira 1 minggu setelah Hari Raya atau bahkan lebih lama lagi.
Nah, masalah yang biasanya muncul setelah liburan seperti ini adalah bisa bermacam-macam misalnya keyboard suka mencet sendiri dan kadang banyak tombol yang tidak berfungsi atau mencetnya ngacak. Masalah yang lain adalah laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan atau benar-benar mati sebagaimana yang akan kita bahas disini.
Laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan biasanya disebabkan karena adanya kondensasi pada bagian motherboard efek dari tidak menyala dalam waktu yang relatif lama. Kondensasi atau dalam bahasa jawa dikatakan ” kanyepen ” menyebabkan adanya over current pada jalur rel tertentu yang menyebabkan system proteksi bekerja untuk memutus pasokan arus yang menyebabkan laptop tidak bisa dinyalakan.
Beberapa action yang bisa kita lakukan untuk menghindari kasus tersebut diatas adalah :
1. Jangan simpan laptop di tempat yang lembab atau tertutup terlalu rapat.
2. Simpan ditempat yang lebih terbuka atau jika memungkinkan letakkan di tempat yang benar-benar terbuka yang penting tidak berdebu dan tidak ada kemungkinan terkena tetesan air.
3. Pastikan kondisi baterai pada saat terakhir dinyalakan tidak 0% atau usahakan diatas 50%. atau jika memungkinkan jika liburan tidak lebih dari 2 minggu baterai sebaiknya dilepas, dan tidak dalam kondisi kosong.
Untuk menghindari masalah yang terjadi pada keyboard kamu bisa meletakkan laptop dalam kondisi terbalik jika memungkinkan.
Demikian beberapa tips untuk menghindari laptop tidka bisa dinyalakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *