Cara Aman Melepas IC Stepdown Laptop

Diposting pada

Cara aman melepas ic stepdown laptop dan beberapa komponen vital lain selain chipset termasuk mosfet dan ic analog dimaksudkan agar proses pelepasan tidak merusak komponen terkait dan komponen disekitar dan juga tidak merusak jalur di motherboard walaupun menggunakan peralatan sederhana saja sehingga jika komponen akan digunakan lagi masih dalam kondisi normal.

Cara Aman Melepas IC Stepdown Laptop

Peralatan yang kita gunakan adalah heater blower dan cairan Flux dan peralatan pinset penjepit dan lembaran seng atau aluminium untuk pengaman. Stepnya adlah sebagai berikut :
1. Jika ic stepdown berada di dekat soket plastik, misalnya soket baterai atau soket keyboard, maka tutup soket tersebut menggunakan seng sedemikian rupa sehingga tidak terkena panas blower secara langsung.
2. Oleskan cairan Flux secukupnya
3. Hangatkan suhu IC dan bagian disekitar IC agar tidak kaget dengan suhu panas. Ini akna memudahkan terlepasnya IC dan jalur-jalur di motherboard juga aman karena perubahan suhu tidak terlalu extrim.
4. Setelah suhu perlahan-lahan panas maka panasi IC stepdown menggunakan heater blower, dekatkan ujungnya ke IC dan tunggu sampai beberapa waktu sehingga IC bisa diangkat dengan mudah menggunakan pinset penjepit. Jika diangkat masih belum bisa jangan dipaksa, tunggu beberapa saat lagi.
Dengan step diatas maka IC lebih aman demikian juga motherboardnya, untuk lebih jelas silahkan lihat video dibawah.


Cara aman melapas IC stepdown laptop dan mosfet ini bisa diterapkan di berbagai jenis laptop semoga bermanfaat.

One thought on “Cara Aman Melepas IC Stepdown Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *