Cara Aman Melepas Kapasitor Laptop

Diposting pada

Dengan alat yang lengkap dan disertai teknologi mutakhir tentu saja kita bisa melepas SMD capacitor pada motherboard laptop dengan mudah tanpa ada resiko kerusakan namun bagaimana jika peralatan kita terbatas?
Inilah yang akan kita bahas pada waktu kali ini, karena bisa saja sebagian teknisi, termasuk saya hehehe…, hanya memiliki peralatan repair yang kadang masih terbatas, belum berteknologi mutakhir sehingga perlu trik-trik tertentu untuk melakukan action yang agak rentan dan beresiko.
Melepas kapasitor adalah action yang hampir selalu dilakukan pada saat proses perbaikan kerusakan pada motherboard laptop baik untuk keperluan analisa ataupun untuk penggantian kapasitor yang rusak.

Cara Aman Melepas Kapasitor Laptop

Kapasitor, seperti terlihat pada gambar diatas, jika diblower terlalu panas maka bagian fisiknya bisa pecah dan kadang-kadang menyebabkan kerusakan. Ini mungkin tidak mengapa jika kita ingin mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru, namun sangat merugikan jika kita hanya ingin melepas kapasitor tersebut dan ingin melakukan check saja.
Maka salah satu cara yang aman adalah sebagai berikut :
1. Jika hanya menggunakan solder saja, maka tambahi timah di bagian salah satu kakinya dan panasi hingga benar-benar cair kemudian sementara solder masih menempel pisahkan kaki kapasitor dan motherboard menggunakan silet atau alat sejenis yang tipis sehingga kapasitor bisa terlepas salah satu kakinya. Kemudian panasi lagi kaki yang satunya lagi dan angkat menggunakan pinset.

melepas smd kapasitor

2. Tepengkan ujung solder sampai tipis, atau ganti mata solder dengan yang tipis. dengan mata solder tipis kita bisa menggunakannya untuk memanasi kaki kapasitor sekaligus memisahkannya dari motherboard.
3. Jika kita memiliki blower dan solder bisa digunakan kedua-duanya secara bersamaan agar daya lepasnya semakin cepat.
Banyak cara yang lain sesuai dengan karakter teknisi, tujuannya adalah agar kapasitor bisa terlepas tanpa merusak fisik maupun performance-nya. Ini hanya tips saja buat kamu yang agak kebingungan bagaimana cara melepas kapasitor jenis ini pada motherboard laptop agar tidak rusak.

3 thoughts on “Cara Aman Melepas Kapasitor Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *