Flash BIOS Laptop Kapan Bisa Berhasil

Diposting pada

Salah satu action dalam memperbaiki laptop adalah flash BIOS namun tidak semua kondisi kerusakan bisa diperbaiki dengan flash BIOS.

Flash BIOS Laptop Kapan Bisa Berhasil

Ini adalah sebuah IC BIOS pada laptop Asus dengan kode w25q32bv.

Pengertian Flash BIOS

Yang dimaksud flash BIOS adalah menghapus seluruh memory atau data yang ada di IC memory BIOS untuk di isi dengan data yang baru dengan kode pengisian yang sama atau di update ke versi yang lebih baru. Karena action ini menghapus seluruh memory maka kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal, sehingga tidak boleh asal-asalan atau cuma sekedar coba-coba. File BIOS yang akan dimasukkan harus benar-benar sesuai dengan yang aslinya, atau sesuai dengan versi laptop atau motherboard yang digunakan karena jika tidak laptop tidak bisa bekerja atau bisa dinyalakan namun beberapa item device tidak bisa bekerja optimal atau sama sekali tidak bisa bekerja.

Kapan flash BIOS ?

Nah karena tidak semua jenis kerusakan bisa berhasil diperbaiki dengan flash bios maka kita harus sedikit jeli untuk melakukan action ini. Diantara kerusakan yang bisa diperbaiki dengna flash bios adalah sebagai berikut :
1. Laptop yang bisa dinyalakan normal namun tidak bisa berhasil booting dan black screen, padahal RAM normal.
2. Setelah penggantian chipset laptop bisa nyala namun black screen
3. Laptop bisa nyala normal namun hardisk tidak terdeteksi, semua level tegangan bekerja normal.
4. Beberapa USB port tidak berfungsi walaupun sudah diinstall ulang.

Ini adalah diantara kerusakan yang bisa diperbaiki dengan flash BIOS, tentu ada jenis kerusakan lain yang mungkin bisa dikategorikan agak ringan yang bisa diperbaiki dengan cara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *