Langkah ini Bisa Bereskan HP Probook yang Mati

Diposting pada

Apa jadinya bisa laptop HP probook tiba-tiba saja tidak bisa dinyalakan padahal sebelumnya nyala normal bahkan tidak ada masalah walaupun dinyalakan dalam waktu yang lama. Inilah yang coba akan kita share pengalaman yang mungkin saja bermanfaat buat temen2 yang sedang menemui masalah yang sama.

Ini terjadi pada laptop HP probook 4420S yang tidak bisa dinyalakan sama sekali, lampu indikator charging juga tidak bisa menyala dan tombol power ON juga not responding, benar-benar mati kondisinya, padahal kisahnya sehari sebelumnya masih di nyalakan normal bahkan sempat dilakukan proses install ulang OS dan berhasil sampai sempurna.

Langkah ini Bisa Bereskan HP Probook yang Mati

Nah, langkah yang kita lakukan adalah melakukan clearing CMOS. Action-nya adalah melepas baterai CMOS yang ada di bagian dalam laptop, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Lepas charger dan baterai laptop.
2. Lepas kesing bagian di atas keyboard dengan melepas beberapa baut yang ada di ruang baterai.
3. Lepas baut keybaord kemudian geser keyboard ke depan kemudian kita bisa mengangkat keybaord dan melepas kabelnya.
4. Lepas beberapa baut kesing bagian depan di bagian touchpad. Kemudian geser ke kanan agar kita bisa mengangkat kesing ini.
5. Setelah kesing bagian depan terlepas maka kita bisa melihat baterai CMOS, lepas baterai ini dan tunggu beberapa waktu kira-kira 1 menit.
6. Kemudian masukkan charger dan coba nyalakan laptop, seharusnya sekarang laptop sudah bisa nyala.

Baca juga :   Tidak Dinyalakan Lama Laptop Mati, Ikuti Langkah Ini

Setelah laptop menyala maka langkah terakhir adalah mengembalikan semua bagian yang sudah dilepas sebagaimana semula, namun jika setelah melakukan langkah-langkah diatas laptop tetap tidak bisa nyala maka ini membutuhkan langkah-langkah anlisa lebih lanjut untuk menemukan sumber penyabab kerusakan.
Untuk lebih jelas lihat video dibawah ini.

Langkah-langkah tersebut biasanya bisa bereskan HP probook laptop yang mati tidak bisa dinyalakan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *