Memahami Jalur Power Dan Charging Toshiba C800

Diposting pada

Memahami jalur power dan charging pada laptop toshiba C800 ini dimaksudkan agar jika ada masalah pada proses charging dan masalah hilangnya power pada laptop ini akan lebih mudah dalam menganalisa untuk menemukan sumber kerusakannya.

Perhatikan skema motherboard laptop Toshiba C800 diatas, ada beberapa komponen penting yang menjadi pemain utama dalam proses powering dan charging ini.
Urutan proses powering adalah sebagai berikut :
Sumber tegangan dari charger masuk melalui port charger PCN1, kemudian diamankan oleh sebuah sekring PF1 sebagai pengaman arus lebih utama. Kemudian melalui deoda PD1 dan Resistor pengaman PR1 power tegangan masuk ke mosfet utama yaitu PQ1 kemudian setelah PQ1 tegangan di sebar ke seluruh jalur atau rell.
Kemudian proses charging dimulai dari mosfet PQ24 dan PQ26 yang bekerja memasukkan tegangan Vin menuju baterai pada jalur + dengan kode Bat-V pada skema ini. Kemudian disana terdapat PQ27 yang bekerja seperti sebuah switch yang menjembatani antara sumber tegangan dari unit charger dan sumber tegangan dari baterai.
Proses powering dan charging ini semua di kontrol oleh sebuah IC control charging atau kita bisa sebut IC charger yaitu PU4 pada skema diatas. PU4 ini mengontrol proses charging dan juga mengatur apa yang harus dilakukan PQ24, PQ26 dan PQ27 serta PQ1 pada saat laptop mendapatkan sumber power dari charger saja atau dari baterai saja atau dari kedua-duanya, sehingga salah satu akibat daripada kerusakan IC charger ini adalah laptop tidak bisa dinyalakan karena proses powering juga di kontrol oleh IC ini.
Ini adalah sekilas tentang proses pengolahan sumber power pada laptop toshiba C800 yang secara umum bisa saja sama dengan jenis laptop yang lain namum kode-kodenya tentu tidak sama.
Untuk download skema lengkap laptop toshiba C800 silahkan gunakan link ini : C800 schematics.
Dengan memahami jalur power dan charging ini maka kita bisa lebih mudah menemukan atau memperkirakan bagian komponen apa yang rusak jika terjadi masalah pada bagian powering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *