Memperbaiki IP1980 Error 5001

Diposting pada

Printer Canon IP1980 yang error 5001 bisa diperbaiki dengan berbagai cara tergantung penyebabnya termasuk salah satunya seperti yang akan kita bahas kali ini. Error 5001 ini juga bisa terjadi pada printer jenis IP1880 atau jenis IP yang lain.
Secara umum penyebabnya adalah adanya gangguan pada pergerakan mekanik di bagian dalam printer tersebut. Dan salah satu penyebabnya adalah tidak bekerjanya pengunci unit cleaner yang bekerja saat katri masuk ke area cleaner yaitu di bagian kanan. Tidak bekerjanya pengunci ini bisa karena adanya tinta yang sudah mati dan mengental dan mengganggu per atau pegas yang ada di bagian as pengunci ini, sehingga pemantulannya tidak bisa berjalan lancar. Saat seharusnya mengunci unit cleaner sebelum kembali ke posisi default pengunci ini tidak bisa melakukan kewajibannya dan unit cleanerpun kembali ke tempat defaultnya sebelum saatnya, dan printerpun Error dan tidak bisa melakukan proses printing.
Penyebab lain tidak bekerjanya pengunci ini adalah karena adanya sobekan kertas yang telah bercampur dengan tinta dan terselip di bagian tertentu di sekitar unit cleaner sehingga mengganggu proses kinerja mekanik daripada printer tersebut.
Atau penyebab lainnya adalah per-nya terlepas atau selip sehingga tidak bisa memantulkan pengunci sebagaimana seharusnya.
Action perbaikan yang bisa dilakukan saat menangani masalah seperti ini adalah dengan melepas unit cleaner dan merendamnya di dalam air beberapa saat sehingga tinta-tinta yang menempel padanya terlepas semuanya dan terlihat bersih dan pegas pengunci bekerja dengan baik tanpa ada hambatan apapun.
Dengan membersihkan unit cleaner ini, selain menyelesaikan masalah error 5001 juga bisa memaksimalkan proses cleaning pada printer karena penyedotnya bersih.
Action diatas bukan satu-satunya cara untuk memperbaiki IP1980 error 5001 namun bisa menjadi salah satu solusi tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *