Biaya Perbaikan Asus Mati Total

Diposting pada

Berapa biaya perbaikan Asus mati total ?, laptop ataupun netbook. Buat yang belum faham tentang laptop tentu saja kesulitan untuk memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan pada laptop asus.

Biaya Perbaikan Asus Mati Total

Perlu diketahui bahwa perbaikan laptop mati total, baik Asus ataupun jenis laptop lain biayanya sangat tergantung dengan penyebab daripada kerusakan tersebut karena penanganannya pun sangat tergantung dengan hal tersebut. Penyebab laptop mati total bisa bermacam-macam mulai dari yang ringan yang tentu saja penanganannya tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang terlalu banyak dan proses analisa juga cenderung mudah, sampai pada kerusakan pada komponen tertentu yang biaya penggantian komponen tersebut bisa saja membutuhkan biaya yang tinggi.

Kita ambil contoh laptop HP Compaq yang mati total, benar-benar mati, lampu indikator charging juga mati, tidak bisa dinyalakan, benar-benar mati total, ini kadang-kadang hanya dengan melakukan clearing CMOS laptop bisa kembali bekerja dengan normal, tidak butuh waktu banyak untuk memperbaikinya dan juga tidak butuh analisa yang rumit. Namun pada kondisi tertentu penyebabnya bisa karena kerusakan pada IC charger yang biasanya harga IC-nya saja hampir 100rb, jika teknisi mematok biaya perbaikan 200.000 misalnya, maka total biaya bisa mencapai 300.000. Atau penyebabnya bisa juga karena kerusakan chipset SB, atau bahkan bisa juga karena adanya kapasitor tantalum kecil yang short yang harga kapasitor tersebut hanya 10.000, tapi karena proses analisa dan pencarian kapasitor tersebut bisa saja memakan waktu dan agak sulit mengingat jumlah kapasitor pada sebuah motherboard laptop bisa ratusan maka walaupun harga sparepart hanya 10.000 teknisi bisa saja menarik biaya perbaikan sampai 350.000 sehingga total bisa saja dibulatkan menjadi 400.000, dan hal ini tentu saja tergantung dengan tarif yang dipatok oleh teknisi yang berbeda-beda juga antara daerah satu dengan yang lain.

Baca juga :   Service Printer Epson Mati Total L200

Lalu bagaimana dengan laptop Asus yang mati total ?

Biaya perbaikan Asus mati total, hampir sama dengan yang lain. Jika penyebabnya karena kerusakan pada ic charger maka harga IC charger kira-kira 60.000, dan biaya perbaikan rata-rata 200.000, maka kemungkinan teknisi menarik biaya 300.000 ( dibulatkan ). Demikian juga jika penyebabnya karena komponen yang short yang proses analisanya tidak terlalu sulit.

Baca juga :   2 Penyebab Laptop Matot Yang Sering Terjadi

Jika ternyata mati total karena kerusakan pada chipset tentu biayanya lebih mahal karena proses pelepasan dan pemasangan chipset bisa dibilang sangat sulit untuk ukuran pemula dan teknisi menengah yang peralatannya tidak lengkap. Namun ada yang perlu diketahui oleh para user laptop, yang mungkin membutuhkan pelayanan perbaikan laptop mati total, bahwa mereka setidaknya harus memiliki sedikit gambaran perkiraan dengan patokan-patokan seperti kita jelaskan diatas, tujuannya adalah agar tidak dipermainkan oleh para teknisi yang kadang-kadang kurang bertanggung jawab dengan memanfaatkan kondisi kerusakan pada laptop yang pemiliknya kurang faham dengan laptop.

Baca juga :   Terpedaya Oleh Mitos Palsu Kapasitor Sumber Short Circuit, Repair Story

Dengan megetahui gambaran-gambaran biaya perbaikan laptop mati total maka kemungkinan pemilik laptop dipermainkan oknum teknisi akan berkurang, namun tentu saja bukan untuk sombong sombongan dan menunjukkan sikap sok tahu kepada teknisi.

Semoga gambaran patokan biaya perbaikan Asus mati total ini bermanfaat untuk keperluan yang baik, karena secara umum walaupun bukan laptop Asus gambarannya adalah sama seperti diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *