Biaya Service Laptop Not Charging

Posted on

Ini adalah tentang perkiraan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik laptop yang sedang bermasalah pada proses charging. Laptop bisa nyala namun muncul indikator not charging pada icon baterai di desktop.
Biaya perbaikan kerusakan ini, pada berbagai jenis laptop, tentu tergantung juga dengan penyebab kerusakan tersebut. Karena memang bisa bermacam-macam juga penyebabnya, diantaranya adalah karena kerusakan pada mosfet charger, kerusakan ic charger, atau kerusakan pada baterainya sendiri.
Jika kerusakan disebabkan karena mosfet rusak maka biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya pembelian mosfet kurang lebih 20ribu-50ribu dan biaya analisa dan perbaikan serta bungkar pasang termasuk pembersihan area dalam kesing kurang lebih 100ribu-200ribu, dan tentu saja nilai-nilai ini tergantung pihak teknisi yang memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam menentukan tarif yang bisa saja berbeda-beda antara satu dengan yang lain.
Jika laptop not charging disebabkan karena ic charger rusak maka biaya yang harus dibayarkan oleh pemilik laptop adalah biaya pembelian ic charger yang harganya kurang lebih antara 60ribu-100ribu. dan biaya service kira-kira 100-200ribu, tergantung kebijakan teknisi terkait.
Jika penyebabnya adalah kerusakan baterai maka biaya yang harus di keluarkan oleh pemilik laptop adan biaya penggantian baterai dan biaya analisa jika diperhitungkan oleh teknisi. Harga baterai bisa bervariasi rata-rata 400ribu-500ribu.
Tidak menutup kemungkinan biaya perbaikannya melebihi perkiraan diatas karena beda wilayah saja bisa berbeda tarifnya, demikian juga tergantung dengan kebijakan teknisi terkait. Ini hanya perkiraan saja, di daerah Jawa dan sekitarnya yang bisa kita jadikan perkiraan jika laptop sedang bermasalah proses chargingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *