netbook Asus Eee PC Tidak Bisa Booting, Ikuti langkah ini

Diposting pada

Salah satu kerusakan atau masalah yang terjadi pada netbook atau laptop kecil jenis Asus Eee PC adalah tidak bisa booting namun jika baterai dilepas bisa booting normal.

Ini mengindikasikan bahwa baterai netbook sedang bermasalah atau ada komponen di dalam netbook tepatnya di motherboard ada yang rusak. Maka beberapa action kecil perlu kita lakukan untuk analisa.

Biasanya jenis kerusakan seperti ini memang disebabkan karena kerusakan baterai, langkah analisa dibawah ini tidak perlu dilakukan jika kita memiliki baterai sejenis sehingga kita bisa mencoba menyalakan netbook menggunakan baterai lain yang normal dan jika proses booting normal maka kita tinggal mengganti baterai netbook tersebut.

Baca juga :   Laptop Lemot Sekali Saat Buka Explorer, Pertanda Apa?

Langkah dibawah ini perlu dilakukan jika kita tidak memiliki baterai lain sejenis untuk memastikan kondisi baterai.
1. Lepas baterai dan cek tegangan pada kaki + dan – menggunakan Avo meter. Ambil timah atau tenol dan “tepengkan” bagian salah satu ujungnya agar bisa dimasukkan ke port baterai untuk pengukuran.

Eee PC Tidak Bisa Booting

Jika saat pengukuran masih didapatkan tegangan maka ada kemungkinan baterai masih bisa digunakan sehingga ada kemungkinan kerusakan di bagian motherboard. Namun jika tegangan tidak didapatkan walaupun sudah lama di ces maka bisa dipastikan baterai mati.

Baca juga :   Jika Laptop Asus A456UR Lemot

2. Jika ternyata baterai masih ada tegangan, maka kita harus bungkar netbook dan melakukan cek terhadap salah satu mosfet charging, biasanya mosfet ini rusak, silahkan diganti dengan yang normal.

Jika terpaksa netbook kamu minta ganti baterai maka ada 2 pilihan jenis baterai yang bisa dipilih sesuai dengan kantong kita. Untuk jenis baterai KW biasanya harganya kisaran Rp. 350.000 – Rp. 400.000, dan untuk jenis baterai original harganya kira-kira Rp. 550.000, sesuaikan dengan kantong kamu.

Baca juga :   2 Langkah Saat Netbook Gagal Booting

Ini adalah bahasan tentang analisa netbook Asus Eee PC tidak bisa booting karena kerusakan baterai atau mosfet charging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *