Mosfet Charging Aspire 4738

Diposting pada

Salah satu komponen penting pada sebuah laptop adalah mosfet charging atau entah apa namanya karena bisa saja teknisi lain menyebut dengan nama yang berbeda dan inilah Mosfet charging Aspire 4738.

Mosfet Charging Aspire 4738

Tanda panah pada gambar diatas menunjukkan mosfet charging pada laptop ini. Ini adalah jenis mosfet P-Channel yang umumnya pada sebuah laptop hanya terdapat 2 buah saja, mosfet-mosfet yang lain adalah jenis N-Channel.

Sebagaimana kita sudah tahu bahwa jika terdapat masalah pada mosfet ini akibatnya adalah laptop tidak bisa menyala normal saat menggunakan baterai, atau proses charging tidak normal, namun laptop akan bekerja sebagaimana biasanya jika menggunakan charger saja.

Baca juga :   Saat Repair, Tunggu Dingin Sebelum Pengetesan Motherboard

Pengecekan yang paling sederhana terhadap komponen ini adalah dengan menggunakan AVO meter. Arahkan selektor Avo meter pada bagian OHM 1X, kemudian letakkan probe merah pada kaki lebar mosfet di salah satu sisinya, kemudian probe hitam ke kaki 1 di sisi sebelahnya, kemudian balik probe tersebut, jika kedua posisi ini jarum bergerak mentok ke kanan atau mendekati mentok maka diamkan mosfet selama kira-kira 5 menit kemudian lakukan test lagi, jika hasilnya tetap sama maka mosfet telah rusak.

Baca juga :   Cara Masuk BIOS Aspire E 14

Ini adalah tentang mosfet charging aspire 4738 laptop yang kinerjanya sangat penting untuk proses charging pada laptop ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *