Toshiba C840 Speaker Luar Tidak Bunyi

Diposting pada

Pembahasan tentang laptop yang bermasalah soundnya memang sangat menarik karena penyebab dari masalah ini bisa sangat beragam sekali dan membutuhkan analisa yang kuat untuk memperbaikinya dan disini kita akan share tentang Toshiba C840 speaker luat tidak bunyi. Jika kita nyalakan musik maka laptop akan mengeluarkan suara yang normal pada speaker internal bawaan laptop, namun jika kita menancapkan jack speaker aktif pada bagian  jack out sound maka pada speaker aktif tidak ada suara apapun kecuali suara acak atau random dan “kemresek” seperti radio yang hilang gelombangnya, dan ketika jack audio eksternal tersebut kita tancapkan maka suara pada speaker internal laptop hilang sebagaimana mestinya.

Toshiba C840 Speaker Luar Tidak Bunyi

Pada laptop jenis ini, IC codec dan power sound adalah ada pada satu chips, sehingga lebih mudah kita mengatasi masalah sound ini. Pada laptop tertentu ada dua komponen penting pada jalur sound ini yaitu codec dan power yang tentu saja ketika kita melakukan analisa kita harus cek kedua komponen tersebut, dan bisa saja kita jadi salah dalam menentukan mana yang sebenarnya rusak.
Namun pada toshiba satellite C840 atau M840 kita bisa dengan mudah menebak masalah yang ada pada jalur sound.
Tentu saja masalah ada pada chips IC codec sound, sehingga kita tinggal melepasnya menggunakan heater blower biasa atau yang lain dan menggantinya dengna yang normal, bisa beli baru atau cari dari motherboard yang lain.

Toshiba C840 Speaker Luar Tidak Bunyi

Letak IC sound ini pada motherboard adalah di dekat port speaker out, pada foto diatas adalah IC besar warna hitam yang paling bawah sebelah kanan. Kode dari IC ini adalah CX20671-21Z, produk dari Conexant.

Toshiba C840 Speaker Luar Tidak Bunyi

Dengan mengganti ic sound ini maka laptop toshiba C840 speaker luar tidak bunyi bisa kembali normal dan ini juga bisa diterapkan pada laptop jenis apapun dengan ic sound sesuai dengan type masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *