Salah Colokin Charger Ke USB Apa Akibatnya

Diposting pada

Kalau sedang letih bisa saja hal yang sesepele ini bisa terjadi yaitu salah colokin charger ke port USB pada laptop, lalu apa akibatnya jika ini benar-benar terjadi. Mari kita bahas kemungkinan-kemungkinannya.

salah colokin charger ke usb

Kita tahu pada postur ujung port charger pada umumnya di bagian lingkar luarnya adalah ground atau lempengan jalur negatif, kecuali pada laptop jenis tertentu misalnya HP atau Lenovo, namun untu jenis laptop lain secara umum adalah sama. Nah Jika charger ini sampai masuk ke bagian USB maka ada dua kemungkinan : Jika laptop pada kondisi mati atau belum dinyalakan maka kemungkinan tidak terjadi apa-apa karena pada port USB belum ada tegangan apapun, namun Jika laptop pada kondisi menyala menggunakan baterai maka terdapata tegangan 5V pada port USB dan ini bisa saja konslet karena diamater port charger rata-rata seukurna dengan tinggi ruang port USB dan bagian luar kotak port USB adalah ground maka lingkar luar port charger bisa saja menghubungkan antara bagian pin 5Volt dan bagian ground, hasilnya jalur 5Volt konslet dan tentu saja secara mendadak laptop langsung mati.
Untuk kemungkinan yang terakhir diatas masih banyak kemungkinan juga :
1. Jika saat konslet system proteksi berhasil meng-cut arus dan laptop langsung mati, maka bisa saja laptop selamat, dengan melepas baterai CMOS bisa saja berhasil mengembalikan kinerja laptop. Hal ini terjadi karena chipset mem-protek distribusi arus.
2. Jika saat konslet system proteksi lambat merespon dan arusnya sangat tinggi maka bisa saja menyebabkan beberapa komponen dijalur 5Volt rusak termasuk mosfet, SMD capacitor ataupun IC step down controller 5Volt.
Ini adalah beberapa kemungkinan yang terjadi akibat salah colokin charger ke port USB yang ternyata bisa saja mengakibatkan masalah serius pada motherboard laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *