Komputer Mati Saat Install Ulang

Diposting pada

Komputer mati saat install ulang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yang paling sering terjadi adalah seperti yang kita pernah alami yaitu karena sumber energi komputer yang lemah. Proses install ulang memang membutuhkan energy yang benar-benar stabil dan kuat, tentu berbeda dengan komputer yang bekerja pada kondisi biasa karena proses install ulang ini adalah proses pemindahan file-file system dari master operating system yang disimpan di dalam cd, flasdisk atau perangkat yang lain kedalam hard drive. Sedang pada saat bekerja biasa komputer hanya menjalankan file-file system yang sudah ada di dalam hard drive untuk dijalankan.

Kemudian pertanyaannya adalah apa penyebab tidak stabilnya sumber energy tersebut ? Maka jawabannya ada dua yaitu unit Power supply yang sudah tidak sempurna, atau sumber listrik dari PLN atau Genset yang tidak stabil atau tidak sesuai dengan rating standart Power supply. Maka solusi dari masalah ini adalah dengna mencoba menggunakan Power supply lain yang normal, dan jika tetap saja komputer mati mendadak saat proses install ulang padahal suhu prosesor dan chipset VGA tidak overheat maka cek dan pastikan apakah tegangan dari listrik di tempat anda normal 220Volt atau dibawahnya. Jika ternyata tegangan dari listrik tidak ada 220V maka alangkah baiknya jika anda gunakan stavolt yang bagus agar bisa menaikkan tegangan menjadi 220V, atau bisa juga menggunakan UPS.

Ini adalah beberapa analisa sederhana untuk mengatasi komputer mati saat install ulang yang disebabkan karena sumber energy yang kurang sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *