Laptop Dell Mati Total N Series

Diposting pada

Ini adalah tentang Laptop Dell mati total jenis N series yang disebabkan oleh adanya sebuah komponen yang rusak pada motherboard sehingga menyebabkan aliran arus terputus dan laptop tidak bisa dinyalakan sama sekali dan juga tidak ada proses charging, benar-benar mati total. Kebetulan kita punya pengalaman service laptop mati total jenis Dell Inspiron N4110 yang akan kita share disini semoga bermanfaat.

Laptop Dell Mati Total N Series

Indikasi kerusakan pada laptop Dell Inspiron N4110 ini adalah saat charger dimasukkan lampu indikator pada charger berkedip-kedip cepat sekali dan indikator charging pada laptop juga tidak mau menyala. Saat tombol power ditekan tidak ada respon sama sekali walaupun baterai masih ada isinya.

Laptop Dell Mati Total N Series

Dari indikasi diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan sementara, secara teori, bahwa tegangan yang masuk ke laptop seperti terhambat oleh jalur yang resistansinya terlalu kecil namun tidak sampai short circuit, karena jika short circuit maka indikator di charger pasti langsung mati ( tida hany berkedip saja ), sehingga menyebabkan over current atau arus yang masuk sangat tinggi yang menyebabkan system proteksi di charger memutus arus sementara. Hanya sementara karena jalus tidak sampai short, kemudian dilepas lagi namun karena over current sehingga putus lagi, demikian seterusnya sehingga kita bisa melihat lampu indikator pada charger berkedip-kedip, jika kita cek menggunakan avometer di bagian jalur utama di motherboard maka kita akan melihat bahwa tegangan disana naik turun seiring berkedip-kedipnya indikator tadi.
Maka, dari kondisi tersebut kita memulai action dengan membuka kesing laptop untuk bisa mengakses motherboard untuk menemukan komponen yang telah rusak.
 Setelah kita check jalur utama ( 19Volt ) ternyata memang menunjukkan resistansi yang sangat kecil, jarum avometer bergerak mendekati 0 Ohm walaupun probe merah dan hitam di bolak balik. Sekali lagi jalur ini tidak sampai short. Sebagaimana kita sudah bahas pada waktu sebelumnya jika short maka pada umumnya penyebabnya adalah kapasitor tantalum yang short, namun jika tidak sampai short maka biasanya penyebabnya adalah adanya mosfet yang short, dan ternyata memang terbukti benar, seperti pada kasus ini.
Setelah kita analisa lebih lanjut ternyata kita menemukan sebuah mosfet jenis N-channel pada jalur yang menuju ke chipset yang rusak dengan kode di skema PQ37.

Laptop Dell Mati Total N Series

Mosfet ini secara letak, menghubungkan antara jalur tegangan 19V menuju jalur 1,1V yang digunakan untuk supply jalur Gfx ( VGA ). Kondisi mosfet tersebut adalah rusak, jika kita check menggunakan avo meter maka kaki 1 ke kaki 5 short, untuk mengetahui detail step pengecekan mosfet silahkan kunjungi artikel tentang cara mengecekan mosfet laptop.
Mosfet ini bisa kita ganti dengan mosfet yang nomor serinya tidak sama namun harus sama-sama N-channel dan sebaiknya rating arus dan tegangannya juga tidak jauh berbeda. Dengan mengganti mosfet pada jalur VGfx tersebut maka Laptop Dell mati total dari jenis N series ini bisa kembali normal dan jangan lupa untuk membersihkan heatsink karena biasanya penyebabnya adalah karena heatsink buntu sehingga vga overheat.

7 thoughts on “Laptop Dell Mati Total N Series

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *