Laptop Hanya Muncul Garis Kecil Kedip-kedip

Diposting pada

Ini adalah salah satu kerusakan pada sebuah laptop dimana saat dinyalakan laptop menyala namun berhenti dan di layar monitor muncul garis kecil ( – ) dan berkedip-kedip, dan laptop akan pada kondisi ini terus menerus jika dibiarkan. Kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi sebagai penyebab kerusakan seperti ini dan action yang bisa kita coba lakukan adalah sebagai berikut :
1. Ada perangkat USB yang terpasang seperti flashdisk atau portable HDD/DVD. Silahkan Lepas semua perangkat USB dari port USB dan matikan laptop dengan menekan dan menahan tombol power sampai lampu indikator power mati, kemudian nyalakan kembali.

Laptop Hanya Muncul Garis Kecil Kedip-kedip

2. Jika langkah 1 belum membuahkan hasil, atau memang tidak ada perangkat apapun yang menancap pada port USB, maka Lepas keyboard. Kemudian nyalakan laptop tanpa keyboard.
3. Jika masalah belum terselesaikan maka lepas hardisk. Hardisk yang rusak akan menyebabkan laptop tidak berhasil masuk ke Windows. Atau Windows yang ada pada hardisk telah corrupt, ini juga bisa menyebabkan gagal booting.
4. Jika tanpa hardisk laptop tetap berhenti pada garis kecil yang kedip-kedip maka lakukan clear CMOS, dengan melepas baterai CMOS dan mendiamkan laptop selama beberapa menit.
5. Jika clear CMOS juga belum membuahkan hasil maka lakukan flash BIOS dengan hati-hati.
6. Jika tetap tidak membuahkan hasil maka ganti chipset IO.
Jadi pamungkas dari action ini adalah mengganti chipset IO dan biasanya ini bisa memperbaiki laptop hanya muncul garis kecil kedip-kedip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *