Mengganti Nec Tocin Jangan Ngawur

Diposting pada

Kasus tentang Nec Tocin pada beberapa laptop yang mengalami gagal booting, dumping, tiba-tiba ngerestart sendiri dan indikasi-indikasi lain yang menunjukkan kerusakan pada unit capasitor di jalur VCore yang dikenal dengan Nec Tocin biasanya kita disarankan untuk mengganti komponen tersebut dengan gabungan beberapa buah SMD capacitor yang cara kerjanya sama dengan nec tocin namun pemasangannya pada motherboard lebih mudah.
Kadang-kadang kita sering salah dalam memperhitungkan jumlah pengganti kapasitor tersebut karena kurang mengethaui patokannya, mari kita perhatikan kode-kode yang ada di body Nec tocin

Mengganti Nec Tocin Jangan Ngawur
Mengganti Nec Tocin Jangan Ngawur

Foto diatas adalah pecahan Nec Tocin yang telah rusak, perhatikan kode OE907 dan OE128. Kode-kode inilah yang kita jadikan patokan untuk menentukan jumlah kapasitor pengganti yang akan kita pasang pada jalur VCore. OE907 memiliki ukuran 2,5 Volt dan 900 uF, dan OE128 memiliki ukuran 2,5 Volt dan 1200uF.
Jika kita akan mengganti Nec Tocin OE907 dengan SMD kapasitor 330uF maka kita hanya butuh 3 buah saja, namun jika OE128 maka kita membutuhkan kapasitor 330uF dengan jumlah 4 buah. OE adalah kode untuk ukuran rating tegangan atau voltase, jadi buat temen-temen yang sering menanyakan berapa rating kapasitor yang harus kita pasang sebagai pengganti Nec Tocin maka itu tergantung Nec tocin yang akan kita ganti, jika kodenya OE maka itu adalah 2,5 Volt, jika kodenya OD 2 Volt. Jadi selalu cari data sheetnya, jangan main coba-coba karena akibatnya tentu tidak bisa sempurna, usahakan nilai kapasitifnya paling mendekati.
Ini adalah cara mengganti Nec Tocin pada motherboard jadi jangan asal ngawur dan pastikan kita mengetahui rating-ratingnya dari data sheet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *