Tentang VGA Laptop

Posted on

Ini adalah tentang VGA laptop dimana pada jenis laptop tertentu menggunakan vga tambahan yang bisa dilepas dan dipasang layaknya RAM ( memori ) dan ada juga yang menggunakan vga onboard bahkan vga tambahannyapun juga onboard. VGA laptop secara fisik berupa sebuah komponen chipset yang ada dibagian motherboard laptop, pada jenis laptop tertentu ada juga yang memiliki 2 buah chipset yang keduanya sama-sama bekerja sebagai VGA misalnya vga intel dan nVidia, intel dan AMD. Dan jenis-jenis laptop yang menggunakan teknologi mutakhir malah ada yang prosesor dan vga diwakili satu buah chipset yang lebih dikenal dengan single chips dan tentu saja onboard, seperti terlihat pada foto dibawah ini.

single chips laptop

VGA jenis single chips ini akan membutuhkan biaya yang sangat mahal jika terjadi kerusakan pada chips karena seperti kita membeli chipset dan prosesor.
Beda dengan vga yang menggunakan 1 buah chipset sendiri, seperti terlihat pada foto dibawah.

vga laptop menggunakan 1 chipset

Trouble pada chipset vga ini biasanya ditandai dengan laptop black screen atau no display dimana laptop bisa nyala namun tidak ada tampilan apapun di layar monitor. Kerusakan lain adalah overheat yang menyebabkan laptop dumping bluescreen. Tegangan supply pada VGA biasa dikenal dengan VGfx. Penggantian chipset vga laptop ini memerlukan ketelatenan dan ilmu serta peralatan khusus seperti work station yang menggunakan laser.
Ini adalah penjelasan tentang VGA laptop dan berbagai jenisnya secara umum semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Tentang VGA Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *