Toshiba M505 Mau Nyala Mati Lagi

Diposting pada

Masih tentang laptop mati kali ini membahas Toshiba M505 mau nyala mati lagi dan tedengar bunyi seperti tiiiit di bagian motherboard. Sebetulnya hampir sama kasus dan solusi dari masalah seperti ini dengan laptop merk lain selain Toshiba, namun hanya beda sedikit saja, atau jika kita menggunakan skema tentu berbeda pengkodean dan jalur-jalurnya, secara umum hampir sama. Toshiba M505 yang mau nyala mati lagi, pada kasus ini, disebabkan oleh sebuah komponen yang cukkup kita kenal di dunia laptop yaitu kapasitor Nec tocin kotak yang ada di jalur VCore, yaitu jalur power menuju Prosesor.
Indikasi kerusakan : Saat charger dimasukkan pada bagian motherboard keluar bunyi nge-crit terus menerus, saat tombol power di tekan laptop menyala normal namun saat mau masuk Windows sebagai system operai ternyata laptop mati lagi dan agak sulit dinyalakan setelah itu namun kemudian bisa dinyalakan lagi, dan mati lagi, demikian seterusnya kecuali pada saat-saat tertentu laptop bisa berhasil masuk windows namun juga tidak stabil.

Toshiba M505 Mau Nyala Mati Lagi

Komponen dengan kode 2R5901 pada gambar diatas inilah yang dimanakan kapasitor, lebih dikenal dengan Nec tocin. Untuk memperbaikinya kita bisa mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru, harga dari kapasitor Nec tocin ini rata-rata 80.000 rupiah. Namun ada cara alternatif lain yang bisa kita lakukan jika peralatan kita tidak memungkinkan untuk mengganti kapasitor dengan kapasitor sejenis, yaitu diganti dengan SMD capacitor dengan ukuran 330 sebanyak 3 buah, dipasang pada jalur VCore sebagai pengganti Nec tocin tersebut, Lihat gambar berikut.

Toshiba M505 Mau Nyala Mati Lagi

Dengan mengganti kapasitor kotak yang sudah rusak diatas maka bunyi nge-crit pada motherboard hilang dan Toshiba M505 mau nyala mati lagi bisa kembali normal sebagaimana semula.

2 thoughts on “Toshiba M505 Mau Nyala Mati Lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *