Hilangnya Tegangan 19V Pada Laptop HP

Hilangnya tegangan 19V pada laptop HP ENVY yang menggunakan motherboard LA-8662P salahsatunya disebabkan karena adanya kerusakan pada IC charger. Yaitu sebuah ic yang ada di motherboard laptop yang bekerja sebagai pengontrol proses charging, juga mengontrol mosfet utama sebagai sebuah switch jalur tegangan utama 19V pada laptop jenis ini.
Jika pada bagian primer mosfet utama terdapat tegangan 19V namun pada bagian skundernya tidak ada maka ini bisa jadi indikasi adanya kerusakan pada ic charger.
Hilangnya Tegangan 19V Pada Laptop HP
Pada mosfet utama yang menggunakan jenis mosfet N-Channel, tegangan masuk melalui kaki 5,6,7 dan 8 yang terhubung menjadi satu, kemudian keluar ke kaki 1, 2 dan 3 yang terhubung menjadi satu juga. Sebagaimana terlihat pada ilustrasi diatas, jika 19V masuk ke mosfet namun di kaki 1 tidak ada tegangan maka salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan ic charger.



Hilangnya Tegangan 19V Pada Laptop HP
IC charger dengan kode PU101 pada motherboard seperti terlihat pada foto diatas menggunakan ic dengan serial BQ738. Dengan mengganti ic charger ini maka hilangnya tegangan 19V pada laptop HP HEVY ini inshaAllah bisa diperbaiki.
Tonton video service di channel youtube kami : channel jiwacomp

1 Response to "Hilangnya Tegangan 19V Pada Laptop HP"

Jika komentar anda tidak muncul silahkan tulis komentar pada posting yang lain, yang belum terlalu banyak jumlah komentarnya