Laptop Mati Karena Sering Ngecas Handphone

Diposting pada

Laptop mati karena sering ngecas handphone apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Kita akan berikan gambaran analisa terkait masalah ini baik secara teori maupun berdasarkan kemungkinan-kemungkinan teknis.

Laptop Mati Karena Sering Ngecas Handphone

Kita mulai dari tegangan yang ada pada port USB, disana ada sebuah tegangan aktif dengan value sekitar 5 Volt dan selalu ada tegangannya saat laptop menyala. Tegangan ini di kontrol oleh mosfet yang tidak tahan terhadap short circuit jika terlalu lama. Kemudian ada jalur data yang langsung menuju ke chipset IO sebagai reader seluruh device input termasuk port USB, jalur ini ada dua yaitu jalut pengiriman dan jalur penerimaan yang bekerja saat ada device yang ditancapkan ke port USB misalnya flasdisk dan lain-lain.
Jadi pada port USB terdapat 1 jalur power dan 2 jalut data. Dari sini kita bisa memberikan kemungkinan-kemungkinan apa yang bisa diakibatkan pada laptop jika ada masalah di port USB ini.
1. Jika terjadi short pada jalur power tegangan 5volt, maka kemungkinan ini bisa menyebabkan mosfet jebol ( short ). Jika demikian maka laptop tidak bisa dinyalakan karena system akan melakukan proteksi. Solusinya tentu saja dengna mengganti mosfet tersebut.
2. Jika Ada masalah pada flashdisk atau perangkat yang dimasukkan ke port USB sehingga mengakibatkan jalur data mengalami over voltage maka bisa saja ini menyebabkan efek yang berat pada chipset IO dan jika sampek menyebabkan chipset jebol ya efek paling ringan adalah USB tidak lagi bisa mendeteksi device apapun.
3. Ada satu komponen penting pada modul USB ini adalah sebuah kapasitor tantalum atau kadang-kadang pada lapotp tertentu menggunakan kapasitor SMD yang bentuknya kotak besar dengan warna hitam. Komponen ini biasanya suka jebol, kita bisa mencurigai komponen ini. Namun efeknya ke laptop tidak mati total, biasanya hanya maet saja lapotpnya.

Nah kesimpulannya adalah memang masalah pada USB port bisa saja menyebabkan sebuah laptop mati total karena adanya jalur utama tegangan dengan level 5Volt disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *